Page 32 - MJ Edisi 9 2018
P. 32

PELAYANAN



          Dok: Pribadi



























               Si Dukun 3 in 1 Sudah Layani

               Ribuan Warga DKI




           Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan layanan Si Dukun 3 in 1 yang sudah melayani ribuan warga. Si Dukun mengintegrasikan instansi Dukcapil, rumah sakit, dan
           BPJS Kesehatan.

           Sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga saat ini Sistem Integrasi Layanan
           Kependudukan (Si Dukun) 3 ini 1 sudah melayani ribuan warga DKI. Sistem integrasi dokumen kependudu-
           kan ini langsung mengkaitkan dengan tiga instasi sekaligus, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
           (Dukcapil), rumah sakit, serta BPJS Kesehatan.



                ahkan saat ini Dukcapil DKI Ja-  pengembangan berikutnya ke rumah   Dahny, saat ini bukan hanya memban-
                karta tidak hanya berkonsentrasi   sakit swasta baru ke Puskesmas. Untuk   tu memberikan kemudahan bagi ma-
           Bpada Rumah Sakit, namun juga      menyasar ke puskesmas, target saya De-  syarakat, tapi juga bagi Dukcapil. Kare-
           mulai mengembangkan layanan “Si Du-  sember 2018 sudah bisa dimainkan, tapi   na pendataan dari awal hingga akhir
           kun 3 in1” sampai ke tingkat Puskesmas   sifatnya masih uji coba lebih dulu. Ren-  akan mendorong kesadaran masyarakat
           yang ada di berbagai Kecamatan. Hal ini   cana kami tiap wilayah mungkin ada satu   akan pentingnya administrasi atau doku-
           dilakukan dalam rangka meningkatkan   di Puskesmas Kecamatan,” ujar Dhany.  men kependudukan yang nantinya juga
           layanan serta mengintegrasikan data   Dhany menjelaskan, problem un-  akan berujung pada peningkatan layan-
           kependudukan di Jakarta Raya.      tuk masuk ke Puskesmas adalah sistem.   an bagi warga DKI.
              Meski demikian, menurut Dhany   Karena sifatnya pengembangan jarin-   Karena dalam Rencana Pembangu-
           Sukma, Kepala Dukcapil DKI Jakarta,   gan, maka bukan perkara mudah untuk   nan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)
           proses penerapan Si Dukun 3 ini 1 pada   menyelaraskan.               DKI Jakarta, Dukcapil memiliki dua tar-
           Puskesmas bukan perkara mudah. Tetap   Apalagi ada perbedaan sistem anta-  get yang harus dikerjakan.
           ada proses yang harus dilalui. Terutama   ra yang digunakan pada Puskesmas dan   Pertama mengenai indikator kunci
           masalah integrasi. Karenanya tahapan   Duckapil. Untuk itu, akan dipilih metode   yang terkait dengan cakupan ke presen-
           dimulai lewat uji coba terlebih dulu.  pengembangan melalui aplikasi untuk   tasi kepemilikan dokumen kependudu-
              “Untuk Si Dukun masih ada bebera-  lebih memudahkan. Sambil pihak Pusk-  kan. Sementara target kedua terkait in-
           pa rumah sakit yang mengalami kenda-  esmas bisa mengonversi sistem yang su-  dikator peningkatan kualitas pelayanan
           la. Karena sistem yang belum sepadan   dah digunakan Duckapil.        yang  hubungannya  bermuara  pada  in-
           atau  standar.  Tapi  kita  coba  kejar,  dan   Layanan Si Dukun 3 in 1, lanjut   deks kepuasan masyarakat.



           32 Media Jaya Edisi 9 2018
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37