Page 31 - MJ Edisi 9 2018
P. 31

PELAYANAN


                                                                                 perizinan itu sulit dan berbelit. Dengan
                                                                                 hadirnya kami di pusat-pusat kegiatan
                                                                                 masyarakat  secara  berkesinambungan
                                                                                 dan masif, masyarakat menjadi teredu-
                                                                                 kasi bahwa kini mengurus perizinan dan
                                                                                 non  perizinaan  itu  prosesnya  mudah,”
                                                                                 kata Edy.
                                                                                    Sebagai tambahan, Rinaldi, Ke-
                                                                                 pala Seksi Komunikasi dan Informa-
                                                                                 si DPMPTSP DKI Jakarta, mengatakan
                                                                                 program PTSP Goes to Mall telah rutin
                                                                                 digelar selama dua tahun. Sepanjang
                                                                                 2018 ini sendiri DPMPTSP sudah menja-
                                                                                 lin kerja sama dengan 33 mall atau pusat
                                                                                 perbelanjaan terkemuka di Jakarta.
                                                                                    “Inovasi layanan PTSP Goes to Mall
                                                                                 telah berhasil masuk dalam jajaran top
                                                                                 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik
                                                                                 yang digelar Kementerian Pendayagu-
                                                                                 naan Aparatur Negara dan Refromasi Bi-
                                                                                 rokrasi (KemenPANRB). Untuk kegiatan
                                                                                 menyambut  Hari  Sumpah  Pemuda  ke-
       PTSP Goes to Mall yang dihelat selama 3 hari menunjukkan kontribusi Pemprov DKI Jakarta untuk memberi layanan prima
       bagi warga. Tampak petugas Pemprov melayani warga menggunakan baju daerah.  marin, total kami sudah melayani 1.1519
                                                                                 warga DKI selama tiga hari,” ucap Rin-
                                                                                 aldi kepada Media Jaya beberapa wak-
                                              gas Unit Pelayanan PTSP di wilayah Ja-  tu lalu.
                                              karta Utara untuk menghadirkan layanan   Program PTSP  Goes to Mall  pun
                                              dengan mengenakan pakaian adat seb-  telah mendapat apresiasi dari Guber-
                                              agai cerminan keberagaman budaya,”   nur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menu-
                                              ucap Edy.                          rut Anies, layanan ini merupakan bentuk
                                                 Menurt Edy, selama berlangsung tiga   jawaban tantangan zaman yang saat ini
                                              hari, kebanyakan warga yang datang di-  serba  modern  dan  menawarkan  ragam
                                              dominasi oleh para pelaku usaha dan   kemudahan.   tan
                                              para pelaku  start up. Kebanyakan dari
                                              mereka memanfaatkan booth PTSP se-
                                              bagai sarana untuk berkonsultasi terkait
                                              perizinan dan non-perzinan. Di antaran-
                                              ya berkaitan dengan izin bidang akti-
                                              vitas usaha, Izin Usaha Mikro dan Kecil
                                              (IUMK) serta inovasi Layanan Mal Pelay-
                                              anan Publik Provinsi DKI Jakarta.
                                                 Dengan adanya layanan ”jemput
                                              bola” ini, warga Ibu Kota yang berkun-
                                              jung ke mall juga mendapat manfaat
                                              lebih. Karena selain mencari hiburan ber-
                                              sama  keluarga,  mereka  bisa  mendapat
                                              edukasi seputar perizinan dan non-per-
                                              izinan yang selama ini dianggap berbelit
                                              dan rumit, palayanan ini pun dianggap
                                              Edy sebagai dedikasi menghadirkan
                                              Multi Channel Public Service Delivery.
                                                 “Melalui program PTSP Goes to Mall
                                              ini, kami ingin mematahkan stigma nega-
                                              tif yang beranggapan bahwa mengurus




                                                                                      Media Jaya Edisi 9 2018  31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36