Page 49 - MJ Edisi 7 2018
P. 49

HISTORIA



























         Potret lawas warga masih banyak memanfaatkan transportasi umum jenis kereta api, rute yang dituju dari stasiun Jakarta Kota mulai dari dalam kota hingga keluar kota Jakarta.
            Akhirnya, pada 1926 mulailah pem-  Selain mengadopsi gaya art deco   Jakarta  Kota  menjadi  stasiun  penting
          bangunan Stasiun BEOS baru yang se-  yang di masa tersebut banyak digu-  dan  utama  di  jaringan  kereta  rel  listrik
          lesai dibangun pada 1929. Selama pros-  nakan pada bangunan-bangunan di se-  (KRL) Jabodetabek. Sejak 2015, stasi-
          es  pembangunan,  jalur  yang  melayani   jumlah kota besar seperti Bandung dan   un tersebut hanya tinggal melayani rute
          ke Bogor dialihkan ke Stasiun Batavia.   Surabaya, bangunan          KRL Commuter Line menuju ke daerah-
          Setelah itu, jalur kembali ke BEOS dan   Stasiun BEOS juga memadukan de-  daerah di Jakarta dan sekitarnya seper-
          sekaligus memindahkan jalur ke Bekasi   sain lokal atau dalam istilah masa kolo-  ti Tanjung Priok, Depok, Nambo, Bogor,
          di BEOS. Dengan demikian, stasiun Bat-  nial saat itu disebut Het Indische Bou-  dan Bekasi.
          avia dinyatakan tidak dipakai lagi sejak   wen.  Perpaduan  desain  modern  dan   Sementara, kereta api jarak jauh
          1929.                             tradisional membuat Stasiun BEOS lama   yang dulunya memiliki tujuan akhir ke
            Sebelum berwujud menjadi stasiun   menjadi anggun, gagah, dan sangat el-  Stasiun Jakarta Kota dialihkan menu-
          megah seperti sekarang, BEOS dulunya   egan.                         ju ke Stasiun Pasar Senen. Hingga saat
          adalah stasiun kecil dan kemudian disu-  Pada 1993 Pemerintah Provinsi DKI   ini masih ada rute antarkota yang masih
          lap oleh arsitek Belanda kelahiran Tulun-  Jakarta menetapkan Stasiun BEOs seb-  tersisa, yaitu KA Lokal Purwakarta den-
          gagung, Jawa Timur, Frans Johan Louw-  agai cagar budaya karena keunikan de-  gan tujuan akhir Stasiun Purwakarta, dan
          rens Ghijsels. Dalam mengubah BEOS,   sainnya. Pemprov menetapkannya me-  KA Lokal  Cikampek menuju  ke Stasiun
          Frans mengadopsi desain art deco yang   lalui Keputusan Gubernur Nomo 475   Cikampek, Jawa Barat.
          di masa tersebut sangat populer dan bi-  Tahun 1993.
          asa digunakan di Eropa.              Di masa kini, Stasiun BEOSS atau                             sam

                         SEJARAH STASIUN BEOS





                                                          STASIUN BEOS



              Stasiun BEOS dibangun pada 1870                     Stasiun Batavia yang dibangun pada 1869
              Awalnya melayani jalur Jakarta–Bekasi.              Tahun 1926-1929, dibangun Stasiun BEOS baru

              Jalur ke arah Bogor dilayani oleh Stasiun Batavia dengan  Pada 1993 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
              operator swasta Nederlandsche Indische Spoorweg     menetapkan Stasiun BEOS sebagai cagar budaya
              Maatschappij (NIS).                                 karena keunikan desainnya.




                                                                                                       Infografis/Anggia

                                                                                    Media Jaya Edisi 7 2018  49
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54