Page 49 - MJ Edisi 7 2018
P. 49
HISTORIA
Potret lawas warga masih banyak memanfaatkan transportasi umum jenis kereta api, rute yang dituju dari stasiun Jakarta Kota mulai dari dalam kota hingga keluar kota Jakarta.
Akhirnya, pada 1926 mulailah pem- Selain mengadopsi gaya art deco Jakarta Kota menjadi stasiun penting
bangunan Stasiun BEOS baru yang se- yang di masa tersebut banyak digu- dan utama di jaringan kereta rel listrik
lesai dibangun pada 1929. Selama pros- nakan pada bangunan-bangunan di se- (KRL) Jabodetabek. Sejak 2015, stasi-
es pembangunan, jalur yang melayani jumlah kota besar seperti Bandung dan un tersebut hanya tinggal melayani rute
ke Bogor dialihkan ke Stasiun Batavia. Surabaya, bangunan KRL Commuter Line menuju ke daerah-
Setelah itu, jalur kembali ke BEOS dan Stasiun BEOS juga memadukan de- daerah di Jakarta dan sekitarnya seper-
sekaligus memindahkan jalur ke Bekasi sain lokal atau dalam istilah masa kolo- ti Tanjung Priok, Depok, Nambo, Bogor,
di BEOS. Dengan demikian, stasiun Bat- nial saat itu disebut Het Indische Bou- dan Bekasi.
avia dinyatakan tidak dipakai lagi sejak wen. Perpaduan desain modern dan Sementara, kereta api jarak jauh
1929. tradisional membuat Stasiun BEOS lama yang dulunya memiliki tujuan akhir ke
Sebelum berwujud menjadi stasiun menjadi anggun, gagah, dan sangat el- Stasiun Jakarta Kota dialihkan menu-
megah seperti sekarang, BEOS dulunya egan. ju ke Stasiun Pasar Senen. Hingga saat
adalah stasiun kecil dan kemudian disu- Pada 1993 Pemerintah Provinsi DKI ini masih ada rute antarkota yang masih
lap oleh arsitek Belanda kelahiran Tulun- Jakarta menetapkan Stasiun BEOs seb- tersisa, yaitu KA Lokal Purwakarta den-
gagung, Jawa Timur, Frans Johan Louw- agai cagar budaya karena keunikan de- gan tujuan akhir Stasiun Purwakarta, dan
rens Ghijsels. Dalam mengubah BEOS, sainnya. Pemprov menetapkannya me- KA Lokal Cikampek menuju ke Stasiun
Frans mengadopsi desain art deco yang lalui Keputusan Gubernur Nomo 475 Cikampek, Jawa Barat.
di masa tersebut sangat populer dan bi- Tahun 1993.
asa digunakan di Eropa. Di masa kini, Stasiun BEOSS atau sam
SEJARAH STASIUN BEOS
STASIUN BEOS
Stasiun BEOS dibangun pada 1870 Stasiun Batavia yang dibangun pada 1869
Awalnya melayani jalur Jakarta–Bekasi. Tahun 1926-1929, dibangun Stasiun BEOS baru
Jalur ke arah Bogor dilayani oleh Stasiun Batavia dengan Pada 1993 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
operator swasta Nederlandsche Indische Spoorweg menetapkan Stasiun BEOS sebagai cagar budaya
Maatschappij (NIS). karena keunikan desainnya.
Infografis/Anggia
Media Jaya Edisi 7 2018 49