Page 38 - MEDIAJAYA EDISI 6 TAHUN 2020
P. 38
KULINER
Ada Filoso dibalik Kue Pepe
Kue pepe ternyata punya filosofi tersendiri. Bentuknya yang berlapis-lapis dan berwana
warni adalah simbol siklus masyarakat Betawi.
nya, kue kembang goyang. Tapi ber- ga tahlilan.
beda dengan Kue pepe, kue khas Budayawan Betawi, Yahya Andi Sa-
Betawi ini masih tetap eksis putra menyakini kue pepe sudah ada
di tengah maraknya kue- jauh sebelum Indonesia merdeka.Ya-
kue kekinian. hya yang aktif sebagai peneliti kebu-
Kue pepe meru- dayaan pada Lembaga Kebudayaan
pakan jenis ku- Betawi ini pernah menemui pembuat
38 dapan atau ca- kue pepe yang sudah sepuh.’Salah sa-
milan manis, tunya, Mak Haji Onih yang berumur 67
teksturnya ke- tahun. Beliau mengaku generasi ke
nyal, lengket empat pembuat kue pepe. “Jadi saya
dengan lapisan dapat mengasumsikan kue ini sudah
berwarna war- dibikin di Betawi pada abad ke 18,’’
ni. Biasanya papar Yahya.
merah atau Sebagai gambaran, kue pepe bi-
hijau. Hingga asanya dipotong persegi panjang
saat ini, kue dan disajikan di atas piring. Di pasar
yang satu ini tradisional dan toko kue, jajanan yang
masih banyak juga dikenal sebagai lapis sagu ini se-
ditemui di pasar tiap potongannya dibungkus dengan
tradisional mau- plastik agar tidak lengket. Kue pepe
pun di toko-toko kue. yang rasanya manis ini memang tek-
Jajanan ini sejajar sturnya kenyal dan lengket.“Pepe arti-
dengan panganan khas nya kenyal atau lentur,’’ ujar Yahya.
Betawi lain seperti kerak Kue pepe memang dibuat keny-
telor, dodol Betawi, putu ma- al. Adonan utamanya tepung beras,
yang, kue cucur dan kue ape. tepung sagu, gula pasir dan santan.
Selintas, tampilan kue pepe tam- Adonannya dikukus selapis demi se-
pak sederhana. Tapi bagi masyara- lapis seperti kue lapis umumnya. Un-
ejumlah jajanan khas Betawi, kat Betawi kue ini mempunyai mak- tuk mengukus satu lapisan, rata-rata
kini sudah mulai tergerus za- na khusus. Saking istimewanya, kue makan waktu lima menit saja.
Sman. Sebut saja misalnya kue pepe selalu hadir dalam setiap per- Menurut Yahya, setiap lapisan
rangi, kue yang dibuat dari campuran helatan yang diselenggarakan ma- kue pepe punya makna tersendiri. Ia
tepung terigu dan kelapa parut ini, syarakat Betawi. Biasanya kue ini di- merupakan simbol dari siklus hid-
kini sudah jarang ditemukan. Begitu hidangkan pada acara penting. Mulai up masyarakat Betawi. “Lapis awal
juga kue berbahan tepung beras lain- dari acara pernikahan, sunatan hing- adalah alam rahim. Lapis kedua, alam