Page 35 - mediajaya-ed-1-2016
P. 35
35
Foto - Foto : Media Jaya/Rangga Rinjani
Penataan angkutan umum di Jakarta terus dilakukan untuk mewujudkan transportasi
yang aman dan nyaman.
jasa servis ke pemilik angkutan umum ini dengan harga murah. Termasuk
di pool, akan dilakukan pelatihan sopir. Diharapkan pemilik satu dua ang-
kutan umum dapat dilebur menjadi pemilik saham PPD.
Saat ini, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta baru melaku-
kan penataan bus besar yang merupakan tahap awal dari penataan ulang
angkutan umum di Jakarta. Setelah bus besar, rerouting akan dilanjutkan
dengan trayek bus sedang dan bus kecil (angkot).
Bus-bus yang trayeknya dihilangkan akan dialihkan ke kawasan yang
belum terlayani angkutan umum. Rerouting angkutan umum di Jakarta
sendiri dilakukan setelah operator-operator angkutan umum menyatakan Rerouting ini diperlukan
setuju bergabung dengan PT Transportasi Jakarta.
Dengan bergabungnya operator angkutan umum ke PT Transjakarta, dan harus disesuaikan
nantinya tidak akan ada lagi sopir mengejar setoran. Operator akan men- dengan bajaj, bemo
erima pembayaran dengan sistem rupiah per kilometer, sehingga sopir bisa
menerima gaji bulanan. atau angkutan lingkungan
Sementara itu, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta me- lain yang sudah ada,
mastikan ada 124 trayek bus besar yang dihilangkan dalam penataan trayek
(rerouting) angkutan umum di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 83 merupakan
trayek lintas daerah, sedangkan 41 merupakan trayek dalam kota. Trayek
yang dihilangkan adalah trayek yang selama ini saling tumpang tindih, baik Ketua Organda DKI Jakarta
dengan sesama bus besar maupun dengan Transjakarta. Saifruhan Sinugan
Beberapa trayek bus besar yang dihapus adalah PPD 41A (Kampung
Rambutan-Dr Sutomo), Mayasari Bakti Patas AC 03 (Tanjungpriok-Kali-
deres), Jasa Utama 973 (Rawamangun-Grogol), Steady Safe 921 (Kam-
pung Melayu-Terminal Blok M), dan Steady Safe 948 (Tanjungpriok-Kam-
pung Melayu).
Sebanyak 14 trayek yang dihilangkan dan 10 trayek yang dipertahankan
yaitu trayek yang memiliki persentase bersinggungan tidak lebih dari 50%.
Masih ada 8 trayek lainnya yang dipertimbangkan akan dihapus atau diper-
tahankan. ALF
Media Jaya | Nomor 01 Tahun 2016