Page 32 - mediajaya-ed-1-2016
P. 32

PELAYANAN                                                                                     32






            DUDUK MANIS, IZIN SELESAI



            BERKAT AJIB



          Dengan  layanan  baru  Antar  Jemput  Izin  Bermotor  (AJIB),  warga  Jakarta
          yang ingin mengurus izin hanya perlu duduk manis di rumah atau di tem-
          pat kerja. Sebab, segala urusan mereka akan dikerjakan oleh petugas. Ba-
          gaimana bisa?

                 emerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan
                 Pelayanan  Terpadu  Satu  Pintu  (BPTSP)  me-
                 luncurkan  layanan  Antar  Jemput  Izin  Bermo-
          Ptor  (AJIB)  yang  terbilang  inovatif  dan  sangat
          mengikuti perkembangan zaman serta tuntutan kebutu-
          han masyarakat yang semakin cepat dan mobile.               Apa AJIB?
            Warga  tak  perlu  datang  untuk  mengurus  dokumen
          maupun  perizinan.  Karena    petugas  AJIB  yang  justru
          akan mendatangi mereka secara door to door.
            Menurut Kepala Badan PTSP DKI Jakarta Edi Jun-
          aidi,  Gubernur  Basuki  Tjahaja  Purnama  menginginkan
          agar warga Jakarta tidak boleh dipusingkan dengan se-
          gala urusannya. Untuk itu, AJIB dibentuk untuk memban-
          tu dan melayani kebutuhan warga.
            ”AJIB Crew akan mendatangi warga untuk mengantar
          jemput dokumen perizinan yang diperlukan. Warga han-    Pelayanan antar jemput perizinan
          ya perlu menghubungi call center PTSP dan semua per-    administrasi atau perpanjangan di
          masalahan  izin  selesai  di  rumah  masing-masing,"  ujar   wilayah DKI Jakarta.
          Edi saat peluncuran AJIB beberapa waktu lalu.
            "Rata-rata  pengiriman  dan  pengantaran  dokumen
          sekarang sudah 180 perijinan per hari dengan AJIB. Kita
          targetkan 300 ijin per hari," ucapnya. Layanan AJIB akan
          mengurus segala bentuk perizinan kecuali yang membu-        AJIB CREW
          tuhkan peninjauan lapangan.
            ”AJIB  hanya  melayani  pelayanan  yang  sifatnya  ad-
          ministrasi dan perpanjangan," katanya.

          200 Panggilan Per Hari

            Bagaimana  cara  menggunakan AJIB?  Cukup  men-
          ghubungi call center 1500-164. ”Nomor call center 164
          hanya mampu melayani 70 telepon-80 telepon per hari.
          Padahal, banyak warga yang membutuhkan layanan tapi     - Mencapai 130 orang.
          tidak  terlayani  karena  call  center-nya  sering  terputus,”   - Dilengkapi smartphone dengan aplikasi AJIB.
          ungkap Edi.                                             - Tersebar di titik-titik penting wilayah Jakarta.
            Adapun nomor 1500-164 bisa menerima lebih dari 200    - Dilengkapi GPS.
          panggilan.  ”Sejak  migrasi  ke  1500-164  perizinan  yang   - Sudah melayani 180 perizinan per hari (ditargetkan
          kita layani sudah di atas 100 per hari. Bahkan, terkadang   300 izin per hari).
          mencapai 180 telepon-200 telepon," ungkapnya.






                                                                                    Media Jaya | Nomor 01 Tahun 2016
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37