Page 43 - MJ EDISI 6 2019
P. 43
PROFIL USAHA
bahkan menjadi pemasok utama souve-
nir kerang ke Papua, Ambon, Maluku,
Kendari, Lampung, Pangandaran hing-
ga Tanjung pinang. Produk yang dijual-
nya juga dibandrol sangat terjangkau,
mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 7,5 juta.
“Saya juga mengajar teknik men-
golah kerang menjadi barang bernilai
tinggi di 30 provinsi dan 30 negara,”
ucapnya.
Rencana Ekspor
Tidak hanya menjadi jagoan di-
dalam negeri, Citra Handicraft pun akan
menyasar dunia internasional dengan
ekspor produk ke Pulau Maldives. Pulau
yang terkenal dengan keindangan laut
dan biotanya ini, membutuhkan suplai
souvenir unik dan menarik bagi wisa-
Sebagai perwakilan Kepulauan Seribu, Citra Handicraft kerap menjadi juara dalam berbagai perlombaan yang diikutinya.
tawan.
“Ini saya iseng saja buat frame foto ga tahun 2011, dan juara 3 Pusat Pelati- Sekarang ini, dia sedang menunggu
dari kerang dan pasir, ternyata banyak han Mandiri Kelautan Perikanan katego- desain produk baru yang akan dibuat
yang pesan. Apalagi kalau saya tekuni,” ri inovatif tahun 2012. oleh Citra Handicraft. Tidak sedikit
benaknya saat itu. “Sejak saat itu, saya terus mengama- pelanggannya di Maldives, mengingink-
Keisengan itu pun benar-benar di- ti tren anak muda dan berinovasi. Setiap an custom design produk buah tangan
tekuninya. Tahun 2001 saat souvenir saya buat produk, alhamdulillah selalu yang diekspor langsung dari Indonesia.
pernikahan mulai banyak digandrungi ludes,” katanya. Produk yang dipesan seperti mangkuk
oleh pasangan muda, Sri mulai masuk ke Produksinya pun terus bertumbuh. kecil, piringan, pajangan, hingga tem-
pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Frame Kini brand Citra Handicraft yang dibuat pelan kulkas.
foto buatannya pun menjadi bulan-bu- Sri, bisa memproduksi 500 produk “Kalau desain sudah ma-
lanan pemborong souvenir pernikahan. per hari dengan pendapa- suk, kita siap mem-
Empat tahun Sri menguasai pasar tan bersih mencapai Rp produksinya dan
Mayestik, menjadi pemasok souvenir 50 juta-100 juta per langsung ekspor.
pernikahan dari kerang hingga mampu bulan. D i h ar a p k a n
produksi 10 ribu pcs per bulan. Diusia Citra Hand- setelah leba-
muda, Sri mampu meraup omzet juta- icraft seka- ran kita su-
an rupiah dan membiayai kuliah dari rang banyak dah bisa
pendapatannya sendiri. m e n e r i m a ekspor
Tidak ada usaha yang terus berjalan custom de- kesana,”
mulus. Di tahun kelima, usahanya mulai sign souve- imbuh
turun berkat gempuran produk-produk nir terbuat dia.
China dengan harga jauh lebih murah. dari kerang Tidak
Pelanggannya pun mulai beralih, dan dan sisik ikan. hanya Mal-
usaha Sri gulung tikar. Seperti gantungan dives, lima
Namun nasib berkata lain. Pada ta- kunci, bros, bunga, tahun lalu Ci-
hun 2010, saat Presiden Susilo Bambang tempat tisu, pajangan, tra Handycraft
Yudhoyono memajukan ekonomi kreatif, piring, lampu hias, sudah melakukan
ibu dua anak ini merintis kembali usah- kaca hias, dan sofa. Tiap ekspor ke Rupublik
anya dengan penuh semangat. hari Sri menghabiskan lebih Kepualauan Fiji, sebuah
Setiap perlombaan diikutinya, bah- dari 1 ton kerang. Bahan bakunya di- negara kepulauan di Benua
kan terus menjadi juara mewakili Kepu- pasok dari restoran, rumah makan kaki Oseania. Namun belakangan ekspor ke-
lauan Seribu seperti juara 1 Sidhakaraya lima di Jakarta dan Banten. sana menurun, akibat dampak ekonomi
Provinsi DKI Jakarta tahun 2012, juara Produk-produk buatannya kini sudah global dan bisnis yang menurun.
2 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluar- dikenal diseluruh penjuru Indonesia. Sri ros
Media Jaya Edisi 6 2019 43