Page 11 - Mediajaya Edisi 1 Tahun 2020
P. 11
MEDIA JAYA EDISI | 01 2020
butuhan dasar masyarakat. Ada 120 karta menyiagakan pos kesehatan yang tuk korban banjir. Kebanyakan, doku-
ribu petugas Pemprov DKI Jakarta tersebar di sejumlah titik posko pen- men kependudukan yang diterbitkan
yang tersebar di seluruh wilayah Ja- gungsian. Ada sekitar 132 posko ke- adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP)
karta untuk membantu masyarakat sehatan di lima wilayah Jakarta. Dinas dan Kartu Keluarga (KK).
yang terdampak banjir. Kesehatan juga menyiagakan 468 am- Pasca banjir, Gubernur DKI juga
Pemprov DKI Jakarta juga me bulans, termasuk 4 unit ambulans laut mengajak jajaran Pemprov DKI Jakar-
nyiapkan pos kesehatan, dapur umum dan 22 unit ambulans sepeda motor. ta dan warga DKI untuk melakukan
dan pos bantuan evakuasi. Termasuk Selain layanan kesehatan, Dinas kerja bakti membersihkan sampah
juga menyiapkan kebutuhan dasar Kesehatan juga memberikan sosia akibat banjir. Kerja bakti dilakukan
seperti obat-obatan, makanan siap lisasi, penyuluhan dan membuka kon- di 388 RW terdampak banjir dengan
saji, air minum dan selimut. seling di pos-pos pengungsian. Anak- melibatkan sebanyak 117.000 orang.
anak terdampak banjir mendapatkan Dibandingkan tahun sebelumnya,
Menjamin Kebutuhan Dasar layanan pemulihan trauma melalui penanganan banjir kali ini tergolong
permainan dan edukasi kesehatan lebih cepat, dan dampaknya tidak be-
Di masa tanggap darurat, maka seperti, ular tangga dan dongeng. gitu luas. Sekedar perbandingan,
nan siap saji menjadi kebutuhan yang Bagi lingkungan yang terdampak pada banjir 2015, saat itu curah hujan
mendasar bagi masyarakat terdam- banjir, Dinas Kesehatan menyediakan 277 mm/hari dan menggenangi 702
pak banjir. Karena itu, Dinas Sosial, disinfektan untuk menyehatkan ling- RW dengan jumlah pengungsi seban-
Pemprov DKI Jakarta, menyalurkan kungan setelah banjir. Hal ini dilaku- yak 45.813. Butuh waktu 7 hari untuk
bantuan makanan siap saji ke titik kan karena beragam penyakit akan mengatasinya.
pengungsian di lima wilayah Jakarta. timbul sesudah banjir. Seperti diare, Sedangkan pada tahun 2013, ban-
Bantuan lainnya berupa bahan muntaber, demam, gatal-gatal dan jir di Jakarta merendam 599 RW dan
pangan. Mulai dari beras, mi instan, leptospirosis . 90.913 penduduk mengungsi. Padahal
air mineral hingga ikan sarden. Ada curah hujan hanya 100 mm/hari.
juga bantuan selimut, tenda dan ter- Layanan Dokumen Kependudukan Banjir besar lainnya terjadi pada
pal. 2007. Ketika itu curah hujan mencapai
Di sejumlah pos pengungsian, Di- Bagi warga terdampak banjir, Di- 340mm/hari. Akibatnya, 955 RW ter- 11
nas Lingkungan Hidup menempatkan nas Kependudukan dan Catatan Si endam dan 276. 333 penduduk men-
13 unit bus toilet, 25 toilet portable pil (Dukcapil) DKI Jakarta membuka gungsi. Pemulihannya membutuh-
dan 7 tangki air bersih serta sarana layanan penerbitan dokumen kepen- kan waktu 48 hari.
pendukung lainnya. dudukan dan pencatatan sipil warga Penangana banjir yang cepat kali ini
yang rusak atau hilang akibat banjir. tak lepas dari kerja keras jajaran Pem-
Siaga Posko Kesehatan Program ini mendapat sambutan prov DKI Jakarta.Tidak kalah penting-
antusias warga. Suku Dinas Kepen- nya adalah kolaborasi semua pihak
Untuk memastikan warga yang ter- dudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin dalam menangani banjir.
dampak banjir terjamin kesehatan- Dukcapil) Jakarta Pusat telah mener-
nya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Ja- bitkan 62 dokumen kependudukan un- Bam/Irw
1. Gubernur
DKI Jakarta
Anies Baswedan
memberikan
bantuan kepada
warga terdampak
banjir
2. Anies Baswedan
meninjau dapur
umum untuk
memastikan
terpenuhinya
kebutuhan makanan
bagi warganya.
Foto
Dok. Humas.