Page 19 - mediajaya-ed-1-2015
P. 19
PEMBANGUNAN
Setiabudi saat pekerjaan penggalian ini terdapat 7 stasiun untuk koridor lintasan untuk jalan bawah tanah ini
selesai. selatan-utara atau Lebak Bulus – mencapai 5,9 kilomter.
Di lokasi Bundaran Senayan Bundaran Senayan Tujuh stasiun Secara keseluruhan, Jalur
atau tepat di sekitar Patung Api Nan yang yang berada di jalan layang MRT Jakarta rencananya akan
Tak Kunjung Padam Nampak para tersebut adalah; Lebak Bulus, membentang kurang lebih ±110.8
pekerja tengah sibuk memasang Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, km, yang terdiri dari Koridor Selatan
peralatan untuk penempatan mesin Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. – Utara (Koridor Lebak Bulus -
bor. Semetara itu sebagian lagi para Panjang konstruksi lintasan jalan Kampung Bandan) sepanjang ±23.8
pekerja tengah merakit bagian- layang ini mencapai 9,8 kilometer km dan Koridor Timur – Barat
bagian dari mesin bor agar dapat dengan jarak antar stasiun mencapai sepanjang ±87 km. kemudian
dioperasikan dengan baik. Untuk 0.6 – 2.0 kilometer. Tahap II Bundaran HI - Kampung
kerja mesin bor ini dibutuhkan Dari konstruksi jalan layang yang Bandan. Tahap II akan melanjutkan
landasan yang kuat yang berfungsi berakhir di Stasiun Sisingamangaraja, jalur Selatan - Utara dari Bundaran
untuk pergerakan mesin bor saat dilanjutkan konstruksi jalan bawah HI sampai dengan Kampung
dioperasikan di ruang bawah tanah. tanah yang dimulai dari Bundaran Bandan sepanjang 8.1 km. Tahap
Untuk landasan kerja dan ruang Senayan hingga Bundaran HI atau II akan mulai dibangun setalah
tempat mesin bor, saat ini sudah tepatnya di depan Plaza Indonesia pembangunan tahap I beroperasi.
tersedia lorong yang memiliki lebar dan Dukuh Atas. Konstruksi bawah Sementara itu, untuk j alur Barat -
sekitar 8 meter. Lorong tersebut tanah memiliki enam stasiun, Timur saat ini sedang dalam tahap
berada di kealaman tanah sekitar 12 yakni: dimulai Bundaran Senayan, studi kelayakan. Jalur ini ditargetkan
meter dari atas permukaan tanah Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, paling lambat beroperasi pada 2024
yang berlokasi di bawah Patung Dukuh Atas dan Bundaran HI. Total - 2027. NR
Api Nan Tak Kunjung Padam. Untuk
pergerakan mesin bor telah disipakan
sepasang rel. Rel selain berfungsi
untuk pergerakan atau lintasan
mesin bor juga berfungsi sebagai
lintasan kereta pengangkut material
berupa tanah dan bebatuan yang
dihasilkan dari proses pengeboran.
Material tersebut selanjutnya dibawa
keluar dari lorong untuk dibawa ke
tempat pembuangan.
Seperti diketahui, pembangunan
MRT Jakarta tahap pertama
terdiri dari konstruksi jalan layang
dan konstruksi jalan bawah FOTO: DOK. PT. MRT JAKARTA
tanah. Konstruksi jalan layang
menghubungkan Lebak Bulus
hingga Bundaran Senayan yang
menggunakan konstruksi jalan
layang. Pada konstruksi jalan layang
Media Jaya Nomor 01 Tahun 2015 19