Page 19 - mediajaya-ed-1-2015
P. 19

PEMBANGUNAN

               Setiabudi saat pekerjaan penggalian  ini terdapat 7 stasiun untuk  koridor  lintasan untuk jalan bawah tanah ini
               selesai.                         selatan-utara    atau  Lebak  Bulus  –  mencapai 5,9 kilomter.
                  Di  lokasi    Bundaran  Senayan  Bundaran  Senayan    Tujuh  stasiun   Secara   keseluruhan,   Jalur
               atau tepat di sekitar Patung Api Nan  yang  yang  berada  di  jalan  layang  MRT  Jakarta  rencananya  akan
               Tak  Kunjung  Padam  Nampak  para  tersebut    adalah;  Lebak  Bulus,  membentang  kurang  lebih  ±110.8
               pekerja  tengah  sibuk  memasang  Fatmawati,  Cipete  Raya,  Haji  Nawi,  km, yang terdiri dari Koridor Selatan
               peralatan untuk penempatan mesin  Blok A,  Blok M dan Sisingamangaraja.  –  Utara  (Koridor  Lebak  Bulus  -
               bor.  Semetara itu sebagian lagi para  Panjang  konstruksi  lintasan  jalan  Kampung Bandan) sepanjang ±23.8
               pekerja  tengah  merakit  bagian-  layang ini  mencapai  9,8 kilometer  km  dan  Koridor  Timur  –  Barat 
               bagian  dari  mesin  bor  agar  dapat  dengan jarak antar stasiun mencapai   sepanjang  ±87  km.    kemudian
               dioperasikan  dengan  baik.  Untuk  0.6 – 2.0 kilometer.           Tahap  II  Bundaran  HI  -  Kampung
               kerja  mesin  bor  ini  dibutuhkan   Dari konstruksi jalan layang yang  Bandan. Tahap II akan melanjutkan
               landasan  yang  kuat  yang  berfungsi  berakhir di Stasiun Sisingamangaraja,  jalur Selatan - Utara dari Bundaran
               untuk  pergerakan  mesin  bor  saat  dilanjutkan  konstruksi  jalan  bawah  HI  sampai  dengan  Kampung
               dioperasikan di ruang bawah tanah.   tanah  yang  dimulai  dari  Bundaran  Bandan  sepanjang  8.1  km.  Tahap
                  Untuk landasan kerja dan ruang  Senayan  hingga  Bundaran  HI  atau  II  akan  mulai  dibangun  setalah
               tempat  mesin  bor,  saat  ini  sudah  tepatnya  di  depan  Plaza  Indonesia  pembangunan  tahap  I  beroperasi.
               tersedia  lorong  yang  memiliki  lebar  dan Dukuh Atas.  Konstruksi bawah  Sementara itu,  untuk j alur Barat -
               sekitar  8  meter.  Lorong  tersebut  tanah  memiliki  enam  stasiun,  Timur saat ini sedang dalam tahap
               berada di kealaman tanah sekitar 12  yakni:  dimulai  Bundaran  Senayan,   studi kelayakan. Jalur ini ditargetkan
               meter  dari  atas  permukaan  tanah   Istora,  Bendungan  Hilir,  Setiabudi,  paling lambat beroperasi pada 2024
               yang  berlokasi  di  bawah    Patung  Dukuh Atas dan Bundaran HI. Total  - 2027. NR
               Api Nan Tak Kunjung Padam. Untuk
               pergerakan mesin bor telah disipakan
               sepasang  rel.  Rel  selain  berfungsi
               untuk  pergerakan  atau  lintasan
               mesin  bor  juga  berfungsi  sebagai
               lintasan kereta pengangkut material
               berupa  tanah  dan  bebatuan  yang
               dihasilkan  dari  proses  pengeboran.
               Material tersebut selanjutnya dibawa
               keluar dari lorong untuk dibawa ke
               tempat pembuangan.
                  Seperti diketahui, pembangunan
               MRT    Jakarta   tahap   pertama
               terdiri  dari  konstruksi  jalan  layang
               dan  konstruksi    jalan  bawah                                                                      FOTO: DOK. PT. MRT JAKARTA
               tanah.  Konstruksi  jalan  layang
               menghubungkan     Lebak    Bulus
               hingga  Bundaran  Senayan  yang
               menggunakan    konstruksi   jalan
               layang. Pada konstruksi jalan layang




























                                                                                           Media Jaya  Nomor 01 Tahun 2015 19
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24