Page 18 - mediajaya-ed-1-2015
P. 18
PEMBANGUNAN
Proyek MRT Jakarta
SEGERA DIMULAI
PROSES PENGEBORAN
Setelah dimulai konstruksi jalan bawah
tanah dan jalan layang pada April 2014
lalu, kini proyak MRT segera memasuki
babak baru, yakni dimulainya proses
pengeboran bawah tanah,
roses pengeboran bawah tanah dimulai dengan
persiapan pembuatan area kerja mesin bor
Pterowongan bawah tanah. Persiapan tengah
berlangsung di lokasi proyek MRT Jakarta untuk
Stasiun Dukuh Atas. Saat ini sedang berlangsung
pekerjaan pengecoran roof slab (atap stasiun bawah
tanah) untuk area atap stasiun. Bersamaan dengan
pekerjaan roof slab, di lokasi yang sama juga sedang
berlangsung pekerjaan chemical injection atau
perkuatan tanah untuk area keberangkatan dan
kedatangan dari Tunnel Boring Machine (TBM) untuk
stasiun Dukuh Atas.
Melalui siaran pers PT MRT Jakarta disebutkan,
sama halnya dengan pekerjaan di area Dukuh Atas,
pekerjaan konstruksi untuk Stasiun Setiabudi dan
Stasiun Bendungan Hilir juga sedang berlangsung
tahapan pekerjaan pengecoran roof depan Gedung Sinarmas) menjadi Sebelum dimulai pengeboran dan
slab dan concourse slab. Pengecoran 2 lajur dengan bus Transjakarta. sambil menunggu kedatangan mesin
ini juga dimaksudkan untuk Kemudian MRLL dilanjutkan dengan bor yang lain, para pekerja berusaha
persiapan pengeboran yang dimulai pengurangan lajur di sisi Barat menyiapkan landasan kerja dan
dari Stasiun Setiabudi dan Stasiun sepanjang 50m menjadi 2 lajur marakit mesin bor.
Bendungan Hilir. dengan bus Transjakarta, “Satu mesin bor berada di lokasi
Sementara itu, di Stasiun pengeboran, sedangkan yang satunya
Bundaran HI tengah berlangsung Mesin Bor lagi di gudang penyimpanan di
pengerjaan penyelesaian road Menurut Direktur Utama PT MRT daerah Cakung, Jakarta Timur,” kata
decking. Road decking adalah fondasi Jakarta, untuk melakukan seluruh Dono Boestami di Jakarta beberapa
sementara yang akan berfungsi proses pengeboran dibutuhkan waktu lalu.
sebagai jalur lalu lintas selama empat mesin bor yang ditangkan Lebih lanjut dikatakan, empat
dilakukannya pekerjaan konstruksi langsung dari pabriknya di Jepang. masin bor nantinya akan dipakai
ruang bawah tanah di Stasiun Masing-masing mesin bor memiliki semuanya untuk mengebor
Bundaran HI. ukuran panjang sekitar 3 meter terowongan proyek MRT Jakarta.
Konsekuensi dari dilakukannya dengan diameter 6,7 meter. Dua Dua mesin bor akan mulai
pekerjaan pemasangan road decking dari empat mesin bor tersebut telah melakukan penggalian ke arah utara
adalah diberlakukannya Manajemen berada di Jakarta. Satu mesin bor kawasan Bundaran Senayan hingga
Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) di saat ini telah berada di lokasi proyek Setiabudi, sedangkan dua lagi akan
sisi Utara. Penerapan MRLL yang pembangunan di Bundaran Senayan, memulai penggalian dari Bundaran
diberlakukan adalah pengurangan tepatnya di bawah Patung Api Nan HI. Keempat mesin bor ini nantinya
lajur di sisi Timur sepanjang 50m (area Tak Kunjung Padam, Jakarta Selatan. diperkirakan akan bertemu di area
18 Media Jaya Nomor 01 Tahun 2015