Page 18 - mediajaya-ed-1-2015
P. 18

PEMBANGUNAN




           Proyek MRT Jakarta
        SEGERA DIMULAI





        PROSES PENGEBORAN







                                                                Setelah dimulai  konstruksi  jalan bawah
                                                                tanah dan jalan layang pada  April 2014
                                                                lalu, kini  proyak  MRT segera memasuki
                                                                   babak baru, yakni  dimulainya proses
                                                                              pengeboran bawah tanah,


                                                                roses pengeboran bawah tanah dimulai dengan
                                                                persiapan  pembuatan  area  kerja  mesin  bor
                                                           Pterowongan  bawah  tanah.  Persiapan  tengah
                                                           berlangsung  di  lokasi  proyek  MRT  Jakarta  untuk
                                                           Stasiun  Dukuh  Atas.  Saat  ini  sedang  berlangsung
                                                           pekerjaan pengecoran roof slab (atap stasiun bawah
                                                           tanah) untuk area atap stasiun. Bersamaan  dengan
                                                           pekerjaan roof slab, di lokasi yang sama juga sedang
                                                           berlangsung  pekerjaan  chemical  injection  atau
                                                           perkuatan  tanah  untuk  area  keberangkatan  dan
                                                           kedatangan dari Tunnel Boring Machine (TBM) untuk
                                                           stasiun Dukuh Atas.
                                                              Melalui siaran pers PT MRT Jakarta disebutkan,
                                                           sama halnya dengan pekerjaan di area Dukuh Atas,
                                                           pekerjaan  konstruksi  untuk  Stasiun  Setiabudi  dan
                                                           Stasiun  Bendungan  Hilir  juga  sedang  berlangsung


        tahapan  pekerjaan  pengecoran  roof  depan  Gedung  Sinarmas)  menjadi  Sebelum  dimulai  pengeboran  dan
        slab dan concourse slab. Pengecoran  2  lajur  dengan  bus  Transjakarta.  sambil menunggu kedatangan mesin
        ini   juga   dimaksudkan   untuk  Kemudian MRLL dilanjutkan dengan  bor yang lain, para pekerja berusaha
        persiapan pengeboran  yang dimulai  pengurangan  lajur  di  sisi  Barat  menyiapkan  landasan  kerja  dan
        dari  Stasiun  Setiabudi  dan  Stasiun  sepanjang  50m  menjadi  2  lajur  marakit mesin bor.
        Bendungan Hilir.                  dengan bus Transjakarta,            “Satu mesin bor berada di lokasi
           Sementara   itu,   di   Stasiun                                 pengeboran, sedangkan yang satunya
        Bundaran  HI    tengah  berlangsung  Mesin Bor                     lagi  di  gudang  penyimpanan  di
        pengerjaan   penyelesaian   road    Menurut Direktur Utama PT MRT  daerah Cakung, Jakarta Timur,” kata
        decking. Road decking adalah fondasi   Jakarta,  untuk  melakukan  seluruh  Dono Boestami di Jakarta beberapa
        sementara  yang  akan  berfungsi  proses   pengeboran   dibutuhkan  waktu lalu.
        sebagai  jalur  lalu  lintas  selama  empat  mesin  bor    yang  ditangkan   Lebih  lanjut  dikatakan,  empat
        dilakukannya  pekerjaan  konstruksi  langsung  dari  pabriknya  di  Jepang.  masin  bor  nantinya  akan  dipakai
        ruang  bawah  tanah  di  Stasiun  Masing-masing  mesin  bor  memiliki  semuanya   untuk   mengebor
        Bundaran HI.                      ukuran  panjang  sekitar  3  meter  terowongan  proyek  MRT  Jakarta.
           Konsekuensi  dari  dilakukannya  dengan    diameter    6,7  meter.  Dua  Dua  mesin  bor  akan  mulai
        pekerjaan pemasangan road decking  dari empat mesin bor tersebut telah  melakukan penggalian ke arah utara
        adalah diberlakukannya Manajemen  berada  di  Jakarta.  Satu  mesin  bor  kawasan  Bundaran  Senayan  hingga
        Rekayasa  Lalu  Lintas  (MRLL)  di  saat ini telah berada   di lokasi proyek  Setiabudi,  sedangkan  dua  lagi  akan
        sisi  Utara.  Penerapan  MRLL  yang  pembangunan di Bundaran Senayan,  memulai  penggalian  dari  Bundaran
        diberlakukan  adalah  pengurangan  tepatnya di bawah Patung Api Nan  HI.  Keempat mesin bor ini nantinya
        lajur di sisi Timur sepanjang 50m (area  Tak Kunjung Padam, Jakarta Selatan.  diperkirakan  akan bertemu di area

        18  Media Jaya  Nomor 01 Tahun 2015
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23