Page 54 - MJ Edisi 10 2018
P. 54
KOTA PINTAR
Aplikasi CRM
Pengerjaan Laporan 300 Jam Jadi Hanya 9 Jam
Seiring perkembangan teknologi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas layanan
dengan mengunakan teknologi terkini. Pengunaan aplikasi yang sangat masif sekarang membuat Pemprov
DKI melakukan berbagai hal untuk merubah segala pelayanan.
palagi, saat ini, jumlah penggu- Salah satunya dengan menggunak- Smart City yang memberikan bimbin-
na internet semakin bertumbuh. an Citizen Relation Management (CRM) gan teknis penggunaan CRM di masing-
ASeperti diketahui, Data APJII Mobile yakni aplikasi untuk Dinas dan masing wilayah kota. CRM membuat
(2016) menunjukkan penetrasi inter- Kelurahan agar dapat berkoordinasi dan laporan warga semakin mudah dan
net di Indonesia sudah mencapai 132,7 menyelesaikan laporan warga secara efisien.”Laporan lebih cepat dibanding-
juta atau 51,7% dari total populasi 256,2 lebih mudah. CRM dibangun untuk me- kan harus masuk ke admin dulu, baru
juta orang. Dengan semakin berkem- ningkatkan kualitas pelayanan penanga- admin nyebarin ke terkait. Jadi nan-
bangnya teknologi, Pemprov DKI har- nan pengaduan masyarakat dengan leb- ti dengan CRM, keluar notifikasi saat
us bekerja keras untuk merubah sistem ih efektif dan efisiean. ada laporan,” kata Kepala Unit Pelaksa-
teknologi di dinas dan kelurahan. Dalam hal ini, Unit Pengolah Jakarta na teknis (UPT) Jakarta Smart City, Se-
Foto-foto Media Jaya/Safran. H.
Aplikasi Citizen Relation Management (CRM) lebih mempermudah petugas Dinas Perindustrian dan Energi memantau laporan yang masuk dari warga terkait alat penerangan
jalan.
54 Media Jaya Edisi 10 2018