Page 54 - MJ Edisi 10 2018
P. 54

KOTA PINTAR










                                                    Aplikasi CRM
              Pengerjaan Laporan 300 Jam Jadi Hanya 9 Jam




             Seiring perkembangan teknologi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas layanan
            dengan mengunakan teknologi terkini. Pengunaan aplikasi yang sangat masif sekarang membuat Pemprov
                                DKI melakukan berbagai hal untuk merubah segala pelayanan.







                 palagi, saat ini, jumlah penggu-  Salah satunya dengan menggunak-  Smart City yang memberikan bimbin-
                 na internet semakin bertumbuh.   an Citizen Relation Management (CRM)   gan teknis penggunaan CRM di masing-
           ASeperti  diketahui,  Data  APJII   Mobile yakni aplikasi untuk Dinas dan   masing  wilayah  kota.  CRM membuat
           (2016) menunjukkan penetrasi inter-  Kelurahan agar dapat berkoordinasi dan   laporan warga semakin mudah dan
           net di Indonesia sudah mencapai 132,7   menyelesaikan laporan warga secara   efisien.”Laporan lebih cepat dibanding-
           juta atau 51,7% dari total populasi 256,2   lebih mudah. CRM dibangun untuk me-  kan harus masuk ke admin dulu, baru
           juta orang. Dengan semakin berkem-  ningkatkan kualitas pelayanan penanga-  admin nyebarin ke terkait. Jadi nan-
           bangnya teknologi, Pemprov DKI har-  nan pengaduan masyarakat dengan leb-  ti  dengan  CRM,  keluar  notifikasi  saat
           us bekerja keras untuk merubah sistem   ih efektif dan efisiean.      ada laporan,” kata Kepala Unit Pelaksa-
           teknologi di dinas dan kelurahan.  Dalam hal ini, Unit Pengolah Jakarta   na teknis (UPT) Jakarta Smart City, Se-


          Foto-foto Media Jaya/Safran. H.

































           Aplikasi Citizen Relation Management (CRM) lebih mempermudah petugas Dinas Perindustrian dan Energi memantau laporan yang masuk dari warga terkait alat penerangan
           jalan.


           54 Media Jaya Edisi 10 2018
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59