Page 52 - MJ Edisi 8 2018
P. 52

SOSOK




           lah ini akan rampung pada 2022 men-   Tak hanya fokus di perluasan akses,   sampai merumuskan kurikulum secara
           datang sebagai bagian dari RPJMD DKI   tantangan soal kompetensi siswa juga   bersama-sama,” kata Bowo.
           Jakarta.  Prosesnya  jelas  akan  bertahap   dijawab  dengan  78  Lembaga  Sertifika-  Sebenarnya kerjasama ini bukan hal
           begitu kata Bowo.                  si Profesi (LSP). Satu lembaga bisa men-  baru bagi dinas pendidikan. Hanya, sei-
              Di mulai 2019, akan ada 10 unit   jangkau sekitar 10 SMK dengan asum-  ring dengan revitalisasi SMK, kerjasama
           sekolah baru dengan konsentrasi pada   si lulusan SMK mencapai 64 sampai 65   ini menjadi jauh lebih intensif. Ada ban-
           bidang pariwisata, industri kreatif dan   ribu siswa setiap tahunnya, jumlah terse-  yak manfaat menurut Bowo dari proses
           juga kemaritiman. Dengan akses SMK   but dirasa masih ideal.          kerjasama ini, Tak hanya soal bagaimana
           negeri  yang  lebih  luas,  diharapkan   "Ini bagian dari bagaimana kami mem-  lulusan bisa ditampung di perusahaan,
           nantinya hanya SMK-SMK swasta yang   persiapkan mereka (siswa SMK,Red) sebe-  tetapi bagaimana sekolah bisa menyer-
           berkualitaslah yang akan bertahan se-  lum lulus. Jadi nantinya setiap lulusan   ap berbagai nilai-nilai industri dan mem-
           hingga proses revitalisasi SMK bisa ber-  SMK tidak hanya dapat ijazah, tapi juga   bantu sekolah mengetahui tren kebutu-
           jalan maksimal, baik SMK negeri mau-  sertifikat kompetensi," Bowo menjelas-  han dari dunia usaha serta dunia industri
           pun swasta.                        kan.                               itu sendiri. ”Karena pada prinsipnya ini
                                                 Sertifikat  kompetensi  inilah,  yang   kan kebutuhan kedua belah pihak,” tam-
                                              akan menjadi nilai tambah siswa SMK   bah Bowo.
                                              untuk bersaing dalam dunia industri   Sejatinya tugas pendidikan adalah
                                              dan  dunia  usaha.  Sertifikat  kompeten-  membantu menumbuhkembangkan po-
                                              si juga akan membedakan antara aluas   tensi diri siswa didik agar mereka men-
                                              SMK dan juga lulusan SMA. Apalagi se-  jadi pribadi seutuhnya. Mereka mampu
                                              jak awal, kompetensi memang menjadi   menolong dirinya sendiri melalui kreati-
                                              fokus bagi anak-anak SMK. Dinas pendi-  vitasnya, tangan-tangan terampilnya
                                              dikan benar-benar fokus di area ini. Di-  dan inovasinya yang tiada henti. Den-
                                              nas bahkan menjalin kerjasama dengan   gan beragam upaya yang sudah dilaku-
                                              banyak industri untuk membangun kom-  kan, Bowo berharap generasi SMK di
                                              petensi para siswa sesuai bidang mas-  masa mendatang adalah generasi pelo-
                                              ing-masing.                        por negeri yang inovatif dan produktif
                                                 "Kami itu menjalin kerjasama den-  dan mengungguli persaingan global.
                                              gan 1.300-an industri melalui berbagai
                                              program. Mulai dari magang di industri,                          nis

          Foto-foto Media Jaya/Safran. H































           Yang dibutuhkan SMK saat ini adalah bagaimana sekolah dapat menyerap nilai-nilai industri dan mengetahui tren kebutuhan dunia usaha itu sendiri. Sehingga lulusannya dapat
           langsung diterima di dunia kerja.


           52 Media Jaya Edisi 8 2018
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57