Page 46 - MEDIAJAYA EDISI 7 TAHUN 2020
P. 46
Alhasil, baju hazmat buatan Ratih nakan masker medis. Setelah produk pelopor pembuatan masker kain dan
dan kawan-kawannya langsung dibu- faceshield dipasarkan, peminatnya faceshield, kini sudah banyak yang
ru sejumlah rumah sakit diberbagai ternyata juga cukup banyak. “Sek- telah memproduksi alat kesehatan
daerah. Saat itu ia kebanjiran order- arang banyak orang menggunakan itu. Karena itu, menurutnya, usaha
SOSOK an dan membutuhkan karyawan cu- faceshield,”katanya. kreatif harus terus melakukan ino-
vasi produk. “Saya harus terus kre-
Berbarengan dengan produksi
kup banyak untuk melayani pesanan.
“Saya waktu itu sampai kewalahan. faceshield, Ratih pun dengan ceka-
lau saya tidak kreatif usaha saya bisa
Langsung ditelepon untuk kirim hari tan membuat masker medis dari kain atif. Tidak berhenti sampai di sini. Ka-
itu juga ke luar daerah, sampai-sam- yang tahan terhadap paparan droplet mati,” katanya.
pai tidak sempat siapkan buka puasa dari luar. Masker kain yang dibuatnya Ratih berujar, agar pelaku UMKM
untuk keluarga,” ujarnya. juga teruji anti air, sebab dibuat dari tidak bisa hanya mengandalkan satu
Ratih menyadari usaha dada- kain berkualitas dan berlapis. “Sela- produk untuk dijual. Setiap saat har-
kan itu memang tidak berlangsung ma pandemi, saya hampir tidak ke- us melakukan inovasi dan meningkat-
lama. Belakangan baju hazmat su- habisan orderan. Saya terus produksi kan kreatifitas. Dengan begitu, UMKM
dah mulai banyak di pasaran. Pesa- masker setiap saat, ,” katanya. mampu menjadi penopang pereko-
nana Ratih pun mulai menurun. Tapi Tidak hanya dari kalangan per- nomian sebuah kota. “Saya yakin se-
Ratih tak patah semangat untuk tetap orangan, pemesan alat kesehatan lama pandemi pelaku UMKM justru
produktif. Bahkan sebelum pesanan yang dibuat Ratih juga berasal dari kebanjiran pesanan jika mampu me-
baju hazmat turun Ratih sudah mulai korporasi hingga industri penerban- nyiasati produk dan inovasi. Terlebih
memproduksi faceshield dan masker gan. Ribuan masker dan faceshield di- pelaku kreatif yang sarat akan inova-
kain. pesan dalam waktu singkat dan bah- si,” katanya.
Saat itu, ujar Ratih, faceshield kan ada yang melakukan pemesanan
belum terkenal dikalangan ma- ulang untuk seluruh karyawan di satu Keluarga Kunci Sukses
syarakat Indonesia. Sebab masyara- perusahaan.
kat masih lebih percaya menggu- Ratih menyadari meski ia sebagai Kesuksesan Ratih tidak luput dari
46