Page 17 - Edisi 6 Tahun 2025
P. 17
FOKUS 17 17
dan budaya, tetapi juga berpartisipasi 2012, Fauzi Bowo. Dalam diskusi Kedua, dengan memaksimalkan SDM-
dalam diskusi. Bahkan perhelatan bertajuk, “Betawi in the City: Cultural nya, baik dengan memperkuat dalam
JFF 2025 menjadi ruang terbuka bagi Roots in a Global Jakarta,” kurikulum pembelajaran di sekolah,
warga untuk menyuarakan harapan, ide, Bang Foke, panggilan akrab Fauzi maupun dengan memperhatikan
dan solusi kreatif untuk Jakarta yang Bowo, menjelaskan budaya adalah akar komunitas budayanya. “Kalau
lebih baik. Pengunjung bisa menuliskan yang menentukan identitas kemajuan komunitas dipupuk rasa cintanya
harapan mereka melalui kode QR yang sebuah kota. dengan kota Jakarta, saya yakin
disediakan. mereka akan memperkenalkan budaya
Menurut Bang Foke, budaya yang kuat kita, termasuk ke luar negeri,” ujar Bang
Dalam satu sesi bertajuk “Gastro akan menghasilkan pembangunan yang Foke.
Urbanism: Memahami Kota Lewat terintegrasi berbagai sektor. “Kalau
Peta Rasa”, Lidia Tanod, moderator Jakarta mau naik kelas, jadikanlah Menurut Bang Foke, untuk memajukan
komunitas Jalansutra, mengungkapkan budaya dan pariwisatanya menjadi sebuah kota, aspirasi masyarakat
kalau Jakarta memiliki potensi besar faktor unggulan,”ujarnya saat menjadi harus menjadi yang terdepan. Rencana-
untuk menjadi pusat gastronomi pembicara di JFF 2025. rencana yang dirancang adalah buah
urban yang diakui dunia. Jakarta dan gagasan masyarakat.
bisa berkembang menjadi surga Bang Foke mencontohkan
kuliner yang kaya akan hidangan dan sejumlah negara maju yang masih Direktur Deputi Karsa CityLab William
keanekaragaman rasa. mempertahankan identitas dan Reynold, mengungkapkan tentang
Terlebih, Jakarta memiliki banyak budayanya. Sebut saja misalnya, pentingnya city branding yang dapat
kawasan kuliner, seperti Blok M, Jepang, dan China. Bahkan Amerika menjadi katalis dan penghubung antara
Glodok, dan Cikini yang telah Serikat juga mengedepankan identitas harapan warga dengan arah yang dibuat
memainkan peran penting dalam budayanya di kancah internasional. oleh pemerintah. “Identitas kota bukan
membentuk identitas kuliner kota ini. lagi simbol, melainkan keberanian
“Setiap kawasan memiliki karakteristik Menurut Foke, ada dua elemen untuk membangun makna yang
dan daya tarik masing-masing,” kata penting agar budaya dapat bertahan relevan, dan membangun partisipasi
Lidia dalam sebuah talk show. sebagai akar sebuah kota global. publik yang luas,” jelas William.
Pertama, adalah menjadikan budaya
Budaya Identitas Kota ini sebagai produk unggulan. “Jadi
budaya jangan cuma dilestarikan,
Lain lagi gagasan yang disampaikan tapi diimplementasikan di setiap
Gubernur DKI Jakarta periode 2007- pengambilan kebijakan,” katanya. bam/gro/hans
Perhelatan JFF
2025 menjadi
ruang terbuka
bagi warga untuk
menyuarakan
harapan, ide
dan solusi untuk
Jakarta yang lebih
baik.
Foto
Rizky Adhitya
EDISI 06 TAHUN 2025
EDISI 06 TAHUN 2025
Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta