Page 17 - Edisi 6 Tahun 2025
P. 17

FOKUS      17 17




          dan budaya, tetapi juga berpartisipasi   2012,  Fauzi  Bowo.  Dalam  diskusi   Kedua,  dengan  memaksimalkan  SDM-
          dalam  diskusi.  Bahkan    perhelatan   bertajuk,  “Betawi  in  the  City:  Cultural   nya,  baik  dengan  memperkuat    dalam
          JFF 2025  menjadi  ruang terbuka bagi   Roots in a Global Jakarta,”   kurikulum  pembelajaran  di  sekolah,
          warga untuk menyuarakan harapan, ide,   Bang  Foke,  panggilan  akrab  Fauzi   maupun   dengan   memperhatikan
          dan solusi kreatif  untuk  Jakarta yang   Bowo, menjelaskan budaya adalah akar   komunitas   budayanya.   “Kalau
          lebih baik. Pengunjung bisa menuliskan   yang  menentukan  identitas  kemajuan   komunitas  dipupuk  rasa  cintanya
          harapan mereka melalui kode QR yang   sebuah kota.                 dengan  kota  Jakarta,    saya  yakin
          disediakan.                                                        mereka  akan memperkenalkan budaya
                                           Menurut  Bang Foke, budaya yang kuat   kita, termasuk ke luar negeri,” ujar Bang
          Dalam  satu  sesi    bertajuk  “Gastro   akan menghasilkan pembangunan yang   Foke.
          Urbanism:  Memahami  Kota  Lewat   terintegrasi  berbagai  sektor.  “Kalau
          Peta  Rasa”,    Lidia  Tanod,  moderator   Jakarta  mau  naik  kelas,    jadikanlah   Menurut Bang Foke, untuk memajukan
          komunitas Jalansutra, mengungkapkan   budaya  dan  pariwisatanya  menjadi   sebuah  kota,  aspirasi  masyarakat
          kalau  Jakarta  memiliki  potensi  besar   faktor  unggulan,”ujarnya  saat  menjadi   harus menjadi yang terdepan. Rencana-
          untuk   menjadi   pusat   gastronomi   pembicara di JFF 2025.      rencana  yang  dirancang  adalah  buah
          urban  yang  diakui  dunia.  Jakarta                               dan gagasan masyarakat.
          bisa   berkembang   menjadi   surga   Bang   Foke    mencontohkan
          kuliner  yang  kaya  akan  hidangan  dan   sejumlah  negara  maju  yang  masih   Direktur  Deputi  Karsa  CityLab  William
          keanekaragaman rasa.             mempertahankan    identitas   dan   Reynold,   mengungkapkan   tentang
          Terlebih,    Jakarta  memiliki  banyak   budayanya.   Sebut   saja   misalnya,   pentingnya  city  branding  yang  dapat
          kawasan  kuliner,  seperti  Blok  M,   Jepang,  dan  China.  Bahkan  Amerika   menjadi katalis dan penghubung antara
          Glodok,   dan   Cikini   yang   telah   Serikat  juga mengedepankan identitas   harapan warga dengan arah yang dibuat
          memainkan  peran  penting  dalam   budayanya di kancah internasional.   oleh pemerintah. “Identitas kota bukan
          membentuk  identitas  kuliner  kota  ini.                          lagi  simbol,  melainkan  keberanian
          “Setiap kawasan memiliki karakteristik   Menurut  Foke,  ada  dua  elemen   untuk   membangun   makna   yang
          dan  daya  tarik  masing-masing,”  kata   penting  agar  budaya  dapat  bertahan   relevan,  dan  membangun  partisipasi
          Lidia dalam sebuah talk show.    sebagai  akar  sebuah  kota  global.   publik yang luas,” jelas William.
                                           Pertama,  adalah  menjadikan  budaya
          Budaya  Identitas Kota           ini  sebagai  produk  unggulan.  “Jadi
                                           budaya  jangan  cuma  dilestarikan,
          Lain  lagi  gagasan  yang  disampaikan   tapi   diimplementasikan   di   setiap
          Gubernur  DKI  Jakarta  periode  2007-  pengambilan kebijakan,” katanya.              bam/gro/hans














                                                                                                Perhelatan JFF
                                                                                                2025 menjadi
                                                                                                ruang terbuka
                                                                                                bagi warga untuk
                                                                                                menyuarakan
                                                                                                harapan, ide
                                                                                                dan solusi untuk
                                                                                                Jakarta yang lebih
                                                                                                baik.
                                                                                               Foto
                                                                                               Rizky Adhitya




                                                                                                      EDISI 06 TAHUN 2025
                                                                                                      EDISI 06 TAHUN 2025
                                                                                      Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22