Page 25 - MJ Edisi 6 2018
P. 25

UMKM   Pemilik Richkids



         Foto-foto Media Jaya/E.Purwanto                                                            Budi bersama
                                                                                                    istri ikut mendesain
                                                                                                    bahkan sampai
                                                                                                    menentukan tema-
                                                                                                    tema pada baju yang
                                                                                                    akan diproduksinya.
                                                                                                    Mulai pakaian har-
                                                                                                    ian hingga buasana
                                                                                                    muslim anak, seperti
                                                                                                    gamis, hijab, dan
                                                                                                    pashmina.







































          Peluang Terbuka                   menentukan tema-tema pada baju yang   Bahkan strategi penjualan pun ikut
                                            akan diproduksinya. Mulai dari pakaian   berubah,  bila  awalnya  lebih  sering
            Menjatuhkan pilihan pada usaha   harian, buasana muslim anak, seperti   mengikuti bazzar to bazzar, kini bersa-
          busana anak juga dilakukanya bukan   gamis, hijab, pashmina, dan sebagainya.  ma istri, Budi mengembangan strategi
          tanpa sebab. Pakaian anak dianggap me-  Keseriusannya  menekuni  usaha,  pemasaran baru, yakni serangan udara
          miliki pasar potensial. Apalagi, dari sisi   membuat  Budi  pun tertarik bergabung   dan darat. “Kalau udara itu lebih ke on-
          kompetitor, juga belum terlalu banyak,   dengan program kewirausahaan yang   line, itu jadi tugas istri, kalau daratnya itu
          sehingga dari sekala peluang pasar den-  dimotori Pemerintah Provinsi (Pemprov)   saya tetap main ke bazzar dan menca-
          gan persaingan yang masih longgar   DKI Jakarta, OK OCE. Sejak saat itu pula,   ri re-seller, karena biar bagaimana pun
          dinilainya cukup menjanjikan.     banyak perkembangan dan hal-hal baru   konsumen tetap lebih suka melihat ba-
            Untuk pemilihan brand Richkids,   yang didapat dari usahanya.      rang langsung,” katanya.
          menurut Budi lebih untuk mewakili se-  “OK OCE itu program yang saya iku-  Saat ini Richkids sudah tidak hanya
          luruh model fashion anak yang cocok   ti pada awal 2018, kebetulan saya ang-  bermain di wilayah Jabodetabek dan
          di  Indonesia.  Karena  visi  dan  misi  di   katan pertama dan sampai saat ini masih   Pulau Jawa saja, penjualannya juga mu-
          balik produk yang dipasarkannya send-  aktif.  Kalau  dari  benefit  ya  cukup  ban-  lai gencar hingga ke pulau Suamatera.
          iri untuk menjadi brand nomor satu, dan   yak yang didapat, omzet naik sampai 20   Dalam waktu dekat, Budi pun berjan-
          memberikan  manfaat  bagi  anak  yang   persen, tapi yang penting di sana ban-  ji untuk meluaskannya sampai Kaliman-
          menggunakannya.                   yak jaringan baru dan juga ilmu pema-  tan, Sulawesi, dan kota-kota besar lain di
            Menariknya lagi, Budi bersama istri   saran baru yang sebelumnya saya tidak   Indonesia.
          ini juga ikut mendesain bahkan sampai   tahu,” ujarnya.                                            tan


                                                                                                             25
                                                                                    Media Jaya Edisi 6 2018
 24 Media Jaya Edisi 6 2018                                                         Media Jaya Edisi 6 2018 25
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30