Page 24 - MJ Edisi 6 2018
P. 24

UMKM




          Menuai Omset Berlipat dari Bisnis Pakaian Anak



          Banting haluan terjun ke dunia wirasusaha, sebenarnya menjadi hal yang tak pernah melintas di otak RM
          Budi Prasetyo dan istrinya, Shintia Novita. Namun, karena tuntutan serta ditambah dengan menariknya
          peluang dalam berbisnis, akhirnya dia nekat memutuskan untuk lebih total mendalami bisnis baju anak-anak
          yang diberi lebel Richkids.



                                                                                     anting haluan terjun ke dunia wi-
                                                                                     rasusaha, sebenarnya menjadi hal
                                                                               Byang tak pernah melintas di otak
                                                                               RM Budi Prasetyo dan istrinya, Shintia
                                                                               Novita. Namun, karena tuntutan serta
                                                                               ditambah dengan menariknya peluang
                                                                               dalam  berbisnis, akhirnya  dia  nekat me-
                                                                               mutuskan untuk lebih total mendalami
                                                                               bisnis baju anak-anak yang diberi lebel
                                                                               Richkids.
                                                                                  Awal ketertarikan Budi menyelami
                                                                               dunia fashion anak dimulai saat dia me-
                                                                               lihat seorang rekan kerjanya yang sukses
                                                                               ketika berhenti dari  kerja kantoran, lalu
                                                                               berwirausaha. Singkat cerita, pada 2016
                                                                               silam, dia dan istri mencoba peruntun-
                                                                               gan serupa.
                                                                                  Perjalanan hingga saat ini diakuin-
                                                                               ya tidak mudah, banyak aral dan butuh
                                                                               kesabaran untuk memetik hasil pada
                                                                               produk  fashion  anak-anak  yang  dipas-
                                                                               arkannya. Apalagi, dunia berdagang
                                                                               merupakan  hal  baru  yang  sebelumnya
                                                                               tidak pernah digelutinya.
                                                                                  “Saat merintis di 2016 itu saya belum
                                                                               total, masih kerja kantoran juga. Tapi la-
                                                                               ma-lama saya merasa salah satu harus
                                                                               ada yang mengalah, pekerjaan atau us-
                                                                               aha yang sedang saya bangun ini. Akh-
                                                                               irnya saya pilih totalitas ke usaha ber-
                                                                               sama istri. Karena dengan usaha kami
                                                                               berdua juga punya lebih punya banyak
                                                                               waktu bersama anak yang sudah mulai
                                                                               tumbuh dan butuh pengawasan ekstra,”
                                                                               ucap Budi menceritakan kisah awalnya
                                                                               kepada Media Jaya.
                                                                                  Bersama istrinya yang juga memilih
                                                                               undur diri dari rutinitas dunia kerja, Budi
                                                                               mulai serius memasarkan produk busa-
                                                                               na anak pada 2017 silam. Perlahan tapi
                                                                               pasti, usahanya mulai menunjukkan tren
                                                                               positif, mulai  dari  peningkatan penjua-
          Richkids memilih pakaian anak karena dianggap potensial dan minim kompetitor. Dari skala peluang pasar pun per-  lan, omzet, sampai produksi yang mulai
          saingan masih longgar dan cukup menjanjikan. Brand ini mengaku mendapat manfaat besar setelah bergabung dengan
                                                                               teratur ritmenya.
          OK OCE.
          24 Media Jaya Edisi 6 2018                                                                                                                                                                       Media Jaya Edisi 6 2018  25
          24 Media Jaya Edisi 6 2018
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29