Page 40 - mediajaya-ed-1-2016
P. 40

PARIWISATA & BUDAYA                                                                           40



                              Indonesia Fashion Week 2016




          TREN BARU BUSANA HIJAB




                             PHOTO BY : RIZKY ANWAR SADAT       elain  melempar  produk  busana  melalui  perdagangan  kon-
    1                                                           vensional maupunperdagangan digital dengan e-commerce,
                                                                ada satu ajang lagi yang bisa dijadikan sarana memamerkan
                                                        Shasil rancangan para desainer, yakni menjadi peserta kegia-
                                                        tan pekan busana alias Indonesia Fashion Week (IFW) 2016.
                                                        Karenanya pagelaran seperti ini menjadi ajang yang dinanti oleh para
                                                        stakeholder di dunia fashion seperti desainer, pengusaha busana ser-
                                                        ta konsumen.
                                                           Dengan  semangat  memajukan  industri  mode  lokal  serta  cin-
                                                        ta produk dalam negeri, perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW)
                                                        2016 yang telah berlangsung 10 Maret-13 Maret 2016 lalu di Jakarta
                                                        Convention Center tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga
                                                        mancanegara. Ajang tahunan ini sangat ditunggu, khususnya kaum
                                                        hawa pencinta busana produksi dalam negeri.
                                                           Mengusung tema ”Reflection of Culture”, IFW 2016 menampilkan
                                                        32 peragaan busana, pameran dari 480 merek, serta 12.000 pakaian.
                                                        Ada pula talkshow, lokakarya, serta kompetisi desain. Semua kegia-
                                                        tan ini membuat hajatan besar Asosiasi Perancang Pengusaha Mode
                                                        Indonesia (APPMI) yang kelima ini bertambah menarik.
                                                           Presiden IFW 2016 Poppy Dharsono saat membuka acara men-
                                                        gatakan bahwa IFW bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan de-
                                                        sainer Indonesia, baik di pusat maupun daerah.
                                                           Menurutnya, saat ini yang banyak dicari adalah busana hijab. Bah-
                                                        kan hampir separuh peserta IFW 2016 menampilkan busana muslim,
                                                        mulai formal hingga busana pengantin.
                                                           Animo masyarakat yang tinggi terlihat dengan ramainya pengun-
                                                        jung yang datang saat acara pembukaan. RA Jeans label milik pasan-
                                                        gan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dan koleksi KAIN penyanyi Ros-
                                                        sa menyemarakkan suasana.
                                                           Pembukaan IFW 2016 juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang
                                                        Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang me-
                                                        wakili  Wakil  Presiden  Jusuf  Kalla.Hadir  juga  Menteri  Koperasi  dan
                                                        Usaha  Kecil  Menengah,  Anak  Agung  Gede  Ngurah  Puspayoga.
                                                        Menurut  Puspayoga,  bidang  fesyen  Indonesia  mampu  memenuhi
       Hampir Separuh Busana Hijab                      40% pangsa pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN. “Ajang mode sep-
       Indonesia kaya akan ragam                        erti ini juga memberi kesempatan bagi orang-orang berbakat di Indo-
    produk busana. Selain dihasilkan                    nesia untuk memamerkan karyanya,” tambah Puan.
                                                           Para desainer dari barisan artis juga tampak hadir. Ada Ivan Gu-
        dari tangan-tangan terampil                     nawan hingga Melly Goeslaw dengan ALEABE.  Kehadiran  para artis
      lulusan sekolah mode maupun                       tersebut membuat IFW 2016 makin menarik karena masyarakat bisa
                                                        melihat langsung kreasi desain artis pujaannya.
       tata busana, juga hasil kerja                       Penggemar batik pun tersedia di IFW 2016. Busana batik di IFW
                   kreatif para                         juga berkualitas serta memiliki model terkini. Selain busana atau kain,
                                                        ada juga sepatu, tas dan aksesori. Stan aneka sepatu dan tas juga
         profesional di bidangnya.                      bisa menjadi stan yang wajib dikunjungi.
                                                           Ramainya pengunjung dan transaksi perdagangan di IFW ini men-
                                                        jadi salah satu alasan mengapa Pemprov DKI Jakarta sangat men-
                                                        dukung kegiatan tersebut. Perhelatan IFW 2015 dikunjungi 119.768
                                                        orang dengan total transaksi Rp87,6 miliar.    ALF



                                                                                    Media Jaya | Nomor 01 Tahun 2016
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45