Page 40 - mediajaya-ed-1-2016
P. 40
PARIWISATA & BUDAYA 40
Indonesia Fashion Week 2016
TREN BARU BUSANA HIJAB
PHOTO BY : RIZKY ANWAR SADAT elain melempar produk busana melalui perdagangan kon-
1 vensional maupunperdagangan digital dengan e-commerce,
ada satu ajang lagi yang bisa dijadikan sarana memamerkan
Shasil rancangan para desainer, yakni menjadi peserta kegia-
tan pekan busana alias Indonesia Fashion Week (IFW) 2016.
Karenanya pagelaran seperti ini menjadi ajang yang dinanti oleh para
stakeholder di dunia fashion seperti desainer, pengusaha busana ser-
ta konsumen.
Dengan semangat memajukan industri mode lokal serta cin-
ta produk dalam negeri, perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW)
2016 yang telah berlangsung 10 Maret-13 Maret 2016 lalu di Jakarta
Convention Center tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga
mancanegara. Ajang tahunan ini sangat ditunggu, khususnya kaum
hawa pencinta busana produksi dalam negeri.
Mengusung tema ”Reflection of Culture”, IFW 2016 menampilkan
32 peragaan busana, pameran dari 480 merek, serta 12.000 pakaian.
Ada pula talkshow, lokakarya, serta kompetisi desain. Semua kegia-
tan ini membuat hajatan besar Asosiasi Perancang Pengusaha Mode
Indonesia (APPMI) yang kelima ini bertambah menarik.
Presiden IFW 2016 Poppy Dharsono saat membuka acara men-
gatakan bahwa IFW bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan de-
sainer Indonesia, baik di pusat maupun daerah.
Menurutnya, saat ini yang banyak dicari adalah busana hijab. Bah-
kan hampir separuh peserta IFW 2016 menampilkan busana muslim,
mulai formal hingga busana pengantin.
Animo masyarakat yang tinggi terlihat dengan ramainya pengun-
jung yang datang saat acara pembukaan. RA Jeans label milik pasan-
gan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dan koleksi KAIN penyanyi Ros-
sa menyemarakkan suasana.
Pembukaan IFW 2016 juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang
Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang me-
wakili Wakil Presiden Jusuf Kalla.Hadir juga Menteri Koperasi dan
Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.
Menurut Puspayoga, bidang fesyen Indonesia mampu memenuhi
Hampir Separuh Busana Hijab 40% pangsa pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN. “Ajang mode sep-
Indonesia kaya akan ragam erti ini juga memberi kesempatan bagi orang-orang berbakat di Indo-
produk busana. Selain dihasilkan nesia untuk memamerkan karyanya,” tambah Puan.
Para desainer dari barisan artis juga tampak hadir. Ada Ivan Gu-
dari tangan-tangan terampil nawan hingga Melly Goeslaw dengan ALEABE. Kehadiran para artis
lulusan sekolah mode maupun tersebut membuat IFW 2016 makin menarik karena masyarakat bisa
melihat langsung kreasi desain artis pujaannya.
tata busana, juga hasil kerja Penggemar batik pun tersedia di IFW 2016. Busana batik di IFW
kreatif para juga berkualitas serta memiliki model terkini. Selain busana atau kain,
ada juga sepatu, tas dan aksesori. Stan aneka sepatu dan tas juga
profesional di bidangnya. bisa menjadi stan yang wajib dikunjungi.
Ramainya pengunjung dan transaksi perdagangan di IFW ini men-
jadi salah satu alasan mengapa Pemprov DKI Jakarta sangat men-
dukung kegiatan tersebut. Perhelatan IFW 2015 dikunjungi 119.768
orang dengan total transaksi Rp87,6 miliar. ALF
Media Jaya | Nomor 01 Tahun 2016