Page 17 - JaKita Edisi 10 Tahun 2021
P. 17
LAPORAN UTAMA 17 17
transportasi tapi juga dengan tata ruang. stasiun yakni Tebet, Palmerah, Gondangdia, dan
Bagaimana di setiap stasiun di Jakarta ini bisa Stasiun Kota.
ditata sehingga terjadi integrasi menyeluruh.
Apakah semua stasiun di Jakarta
Apa syarat stasiun diprioritaskan untuk ditata? akan dilakukan penataan?
Pilihannya adalah stasiun di Jakarta yang paling Tentu saja akan disesuaikan dengan kapasitas
paling ramai. Misalnya, untuk integrasi tahap II yang ada. Meskipun kebijakan penataan dan
ini salah satunya dipilih Stasiun Tebet karena integrasi ini diutamakan, tidak serta merta
jumlah penumpang harian di stasiun tersebut seluruh stasiun akan dilakukan penataannya.
mencapai 35 ribu orang. Begitu besar aktivitas Kita akan inventarisir masalah, mana stasiun
warga setiap harinya di stasiun itu. Jadi aktivitas yang paling crowded (sibuk) dengan jumlah
di sana harus difasilitasi dan dimobilisasi. Itulah permintaan yang paling tinggi. Jika keduanya
mengapa Tebet diprioritaskan penataannya. tinggi itulah diprioritaskan untuk ditata.
Seperti apa pola integrasi Stasiun Bagaimana integrasi dari
Tebet dan stasiun lainnya? sisi pembayarannya?
Penataan stasiun tahap Untuk sistem ticketing (tiket)
II ini diterapkan dengan ini, Pemprov DKI Jakarta sudah
dua pola integrasi. Yakni melakukan integrasi sistem
integrasi tak hanya KRL pembayaran melalui badan
dengan moda transportasi swasta di bawah PT JakLingko
(angkutan) lanjutannya Indonesia yang merupakan
seperti Bus TransJakarta, gabungan dari seluruh
Mikrotrans, ojek online atau operator angkutan umum
angkutan lain tapi juga massal di seluruh Jakarta.
integrasi dengan kawasan Tujuannya, agar JakLingko
sekitar stasiun. Maksudnya ini mampu mengintegrasikan
adanya integrasi transportasi sistem pembayaran termasuk
dengan tata ruang dan integrasi penetapan tarifnya. Itu sudah
antara transportasi dengan disiapkan dan diluncurkan kemarin. Jadi
kawasan terjadi pengembangan kawasan ada satu kartu yang bisa dipakai oleh beberapa
di wilayah tersebut. Jadi integrasi tak hanya moda transportasi sekaligus yakni TransJakarta,
terlaksananya proses transit yang lancar dari MRT, LRT, KRL. Satu kartu atau aplikasi super
KRL ke angkutan lanjutan tapi juga penataan apps JakLingko ini memudahkan mobilitas
kawasan keseluruhannya. Itulah kenapa masyarakat.
namanya jadi penataan stasiun dengan dua
pola itu. Ada pengembangan kawasannya juga Apakah sudah ada perhitungan, berapa jumlah
sehingga menciptakan peningkatan ekonomi di peningkatan penumpang dengan integrasi
sekitarnya. pembayaran ini?
Berapa target stasiun yang akan ditata? Ada kajian detail yang terkait jumlah penumpang
pengguna moda transportasi dengan integrasi
Tahun 2022 itu ditargetkan ada 18 stasiun. layanan tiket dan penetapan tarifnya. Tapi
Tahap I ada empat stasiun yang sudah tuntas masih berlangsung. Nantinya bisa diketahui
penataannya, yakni Stasiun Tanah Abang, berapa jumlah peningkatan penumpangnya.
Juanda, Senen, dan Sudirman. Tahun ini lima irw/sya
EDISI 10 TAHUN 2021EDISI 10 TAHUN 2021
Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta