Page 16 - JaKita Edisi 10 Tahun 2021
P. 16

16     LAPORAN UTAMA








                                                                 ebijakan pembangunan transportasi di
                                                            pembayaran melalui badan swasta di bawah
          Kepala Dinas Perhubungan (Dishub)                 up   Jakarta berubah, dari yang berorientasi
                                                                                                 merupakan
                                                                             Indonesia
                                                                                          yang
                                                                 JakLingko
          DKI Jakarta, Syafrin Liputo:                      PT Kkendaraan pribadi atau  private vehicle
                                                            oriented menjadi berbasis pada sistem transit
                                                            gabungan dari seluruh operator angkotan
                                                            atau  transit  oriented development  (TOD).
                                                            umum massal di seluruh Jakarta. Ada MRT,
         Nilai Tambah                                       Karena berorientasi TOD maka seluruh sistem
                                                            Transjakarta., PT KAI, dan PT MITJ yang menjadi
                                                            transportasi harus diintegrasikan. Lantas seperti
                                                            shareholder .(pemegang saham). Tujuannya
         Dua Pola Integrasi                                 apa  integrasi  transportasi  di  Jakarta?  Berikut
                                                            agar JakLingko ini  mampu mengintegrasikan
                                                            petikan wawancara Kepala Dinas Perhubungan
                                                                      pembayaran
                                                                                                  penetapan
                                                            sistem
                                                                                     termasuk
                                                            (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, dengan
         Untuk Warga                                        tarifnya.  Itu  sudah  disiapkan  dan  diluncurkan
                                                            Jakita:
                                                            kemarin. Jadi ada  satu kartu  yang  bisa dipakai
                                                            oleh beberapa moda transportasi sekaligus
                                                            Apa yang melatarbelakangi
                                                            yakni Transjakarta, MRT, LRT, KRL. Satu kartu atau
                                                            integrasi transportasi di Jakarta?
                                                            aplikasi super apps JakLingko ini  memudahkan
                                                            mobilitas masyarakat.
                                                            Selama ini infrastruktur transportasi Jakarta
                                                            sudah cukup bagus, tapi  ridership (angka
                                                            Apakah sudah ada hitungannya berapa jumlah
                                                            keterangkutan penumpang) rendah. Kemudian
                                                            peningkatan penumpang dengan integrasi
                                                            ada perubahan kebijakan, dari yang sebelumnya
                                                            pembayaran ini?
                                                            pembangunan itu dilakukan berorientasi pada
                                                            kendaraan pribadi  menjadi berorientasi transit
                                                            atau TOD. Karena berorientasi ke sana (TOD),
                                                            Ada kajian detil  yang terkait jumlah penumpang
                                                            maka     seluruh   sistem   transportasi   harus
                                                            pengguna moda transportasi dengan integrasi
                                                            diintegrasikan. Itulah kenapa integrasi ini harus
                                                            layanan tiket ini. Termasuk dengan penetapan
                                                            dijalankan.
                                                            tarifnya. Tapi masih berlangsung  mengingat
                                                            pelaksanaan integrasi pembayaran dan tarifnya
                                                            Apa dampak adanya integrasi transportasi?
                                                            juga belum ditetapkan. Jadi nanti bisa diketahui
                                                            berapa jumlah peningkatan penumpangnya.
                                                            Dengan adanya integrasi ini terjadi peningkatan
                                                            (irw/sya)
                                                            ridership angkutan umum Jakarta  yang luar
                                                            biasa tinggi. Pada tahun 2017 jumlah penumpang
                                                            TransJakarta itu rata-rata hanya 350.000 orang
                                                            per hari. Bahkan sebelum pandemi bisa 1.025.000
                                                            orang per hari. Peningkatannya bisa berkali-kali
                                                            lipat. Demikian juga dengan penumpang MRT,
                                                            ada peningkatan ridership dari target awal yang
                                                            sebanyak 65.000 orang per hari menjadi 100.000
                                                            orang per hari.
                                                            Bagaimana dengan gagasan
                                                            penataan stasiun?
                                                            Penataan stasiun ini bermula saat rapat
                                                            terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada
                                                            8 Januari 2019 yang meminta Gubernur DKI
                                                            untuk melakukan integrasi transportasi di
                                                            Jabodetabek. Kemudian pilihannya, bagaimana
                                                            integrasi  transportasi  tak  hanya  dengan  moda
                         EDISI 10 TAHUN 2021
         Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21