Page 31 - Edisi 5 Tahun 2020
P. 31

MEDIA JAYA EDISI | 05 2020





              Management  (CRM) yang digunak-  ta  terkait  dan  suku  dinas  atau keca-  Jeffrey.
              an untuk menyelesaikan laporan ma-  matan. Masyarakat dapat mengecek   Setelah itu, ia melihat banyak
              syarakat.                        status terakhir laporan dengan me-  laporan aduan masyarakat di media
                 Kepala  Jakarta  Smart  City,  Yu-  masukkan  nomor  laporan  di situs   sosial. Ia pun mencoba untuk mel-
              dhistira menjelaskan, saat ini  ma-  pengaduan warga,” ungkap Yudhistira.  aporkan masalah itu melalui akun
              syarakat  Jakarta dapat melapork-   Nomor laporan akan diberikan   resmi DKI Jakarta di Twitter.
              an permasalahan perkotaan melalui   kepada masyarakat melalui 13 kanal   Tak  perlu  waktu  lama,  ia
              pengaduan resmi  masyarakat yang   resmi itu. Misalnya, ada warga yang   mendapatkan nomor laporan terse-
              terintegrasi dengan aplikasi CRM.   melaporkan adanya kerusakan fasili-  but melalui Twitter. Bahkan, ia dapat
              “Jika  dahulu,  masyarakat  harus  me-  tas umum di daerahnya melalui Twit-  mengakses informasi mengenai lapo-
              lalui proses panjang dalam melapor   ter resmi DKI Jakarta, maka pelapor   ran tersebut. “Saya lapor via Twitter.
              melalui  OPD  (  Organisasi  perangkat   akan mendapatkan nomor laporan   Enggak lama sekitar 1 jam ada jawa-
              daerah,  red).  Kini,  masyarakat  dapat   yang diberikan oleh  Twitter resmi   ban dari Twitter DKI Jakarta,”ujar Jef-
              melaporkan permasalahan perkotaan   DKI Jakarta. Nomor laporan itu dapat   frey
              melalui 13 kanal,” kata Yudhistira  be-  diakses melalui situs web pengaduan   Selanjutnya,  “pasukan biru”
              lum lama ini.                    warga.                           melakukan  pembersihan  sampah
                 Adapun 13 kanal resmi DKI Ja-                                  di air selokan. Tak hanya itu selu-
              karta yakni, aplikasi JAKI, Facebook,   Direspon Cepat            ruh selokan air dibersihkan di daerah
              Twitter, surel, Qlue, pesan singkat,                              tersebut. Proses laporan hingga tin-
              media sosial Gubernur, kelurahan,   Salah satu warga Pondok Labu,   dakan dinas terkait hanya memerlu-
              kecamatan, kantor Wali kota dan Ba-  Jakarta Selatan, Jeffrey Eka Rah-  kan waktu satu hingga dua hari pelay-
              lai  kota.  Masyarakat  dapat  melacak   man (39) mengaku, respon pelayanan   anan.
              laporan tersebut melalui  https://pen-  Pemprov DKI Jakarta sangat cepat. Ia   Dari data yang dihimpun oleh JSC,
              gaduanwarga.jakarta.go.id/.      tak perlu repot lagi melaporkan ke ke-  mulai Januari 2018 hingga September
                 Hal ini dilakukan agar masyara-  lurahan.  “Waktu itu saya melaporkan   2019 tercatat 186.685 laporan telah
              kat  mengetahui  laporan  itu  secara   saluran air di depan rumah yang cuk-  diselesaikan. Setiap hari, OPD me-
              transparan dan cepat.            up banyak sampah dan tanah itu mulai   nyelesaikan sekitar 673 laporan. Ap-  31
                 “Dari 13 kanal itu akan melalui co-  menutup saluran air. Jadi, ketika hu-  likasi yang diluncurkan pada 16 Ok-
              ordination, disposition dan completion   jan air itu dari rumah saya terhambat.   tober 2016 ini telah diunduh lebih dari
              oleh kelurahan, dinas atau waliko-  Maka banjirlah  di rumah  saya,” kata   10.000 di Play Store.   Has






                                                                  Cepat Respon Masyarakat (CRM) mempermudah warga dalam
                                                                  melaporkan pengaduan di 12 kanal resmi Pemprov DKI Jakarta
                                                                  seperti media sosial, surat elektronik hingga aplikasi JAKI.


                                                                                      12 kanal resmi Pemprov DKI
                                        Mengenal CRM                                  Jakarta terintegrasi oleh aplikasi
                                                                                      Citizen Relation Management

                                                                                        (CRM).
                                                                                      Aplikasi CRM merupakan aplikasi
                                                                                      yang hanya dapat diakses oleh
                                                                                      Aparatur SIpil Negara Pemprov
                                                                                      DKI Jakarta.
                                                                                      Laporan warga yang telah diproses
                                                                                      melalui CRM dapat diakses di
                                                                                      https://pengaduanwarga.jakarta.
                                                                                      go.id/
                                                                                                   Infografis/Tommy.K.R
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36