Page 17 - MJ EDISI 4 2019
P. 17

LAPORAN UTAMA















                                                                                     LAYANAN

                                                                            TRANSCARES










                                              Pertama Operasi     : Oktober 2016
                                              Fokus               : Warga Disabilitas di DKI Jakarta
                                              Hari Operasional    : Senin - Jumat
                                              Waktu Operasional   : 07.00 - 16.00 WIB
                                              Armada              : 26 Unit Minibus
                                              Pusat Layanan       : Pemesanan warga dijemput dan diantarkan
                                                                                           ke lokasi tujuan


















                                                                                                           Infografis/Arief Setiadi

           Dari titik tersebut, warga akan diantar-  batnya, banyak penyandang disabilitas   Kehadiran Transcares diharapkan bisa
           kan ke halte bus yang sudah ramah dis-  tetap tidak bisa menikmati  layanan se-  menutupi kekurangan tersebut. “Kare-
           abilitas.                            cara bebas.                          na Transjakarta itu setara buat semua,”
              Setelah sampai di halte tujuan, war-  Menurut  David, jam operasi Trans-  jelas Erawati.
           ga akan dijemput armada Transcares lain   cares hanya pada jam dan hari kerja saja.   Menurut  Erawati, bagi warga yang
           dan mengantarkannya sampai titik yang   Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00   tertarik untuk menggunakan Transcares
           dituju. Jika jarak tempuhnya  dekat, bi-  hingga 16.00 WIB. Di luar jadwal dan   bisa melakukan pemesanan lebih dulu
           asanya akan langsung diantarkan ke ti-  tanpa pemesanan, Transcares praktis tak   ke pusat layanan 1500-102. Maksimal
           tik akhir.                           bisa memberikan layanan.             sehari sebelum keberangkatan.
                                                   “Padahal di luar jam kantor dan akh-  Selain nomor tersebut, pemesan-
           Masih Terbatas                       ir pekan, warga disabilitas banyak yang   an bisa dilakukan melalui pesan sing-
                                                membutuhkannya,” jelas dia.          kat (SMS) dan WhatsApp di nomor
              David  mengatakan, operasional       Kepala Divisi Pelayanan dan Mana-  08111545001.  Setelah  pemesanan,
           Transcares sampai saat ini masih terba-  jemen Transjakarta, Erawati  Trijatmi,   petugas akan mengatur jadwal penjem-
           tas. Selain jumlah armada yang pas-pas-  mengakui Transcares  hadir karena tidak   putan dan pengantaran.
           an, jam operasional juga terbatas. Aki-  semua halte busway ramah disabilitas.                          sam



                                                                                          Media Jaya Edisi 4 2019   17
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22