Page 17 - MJ EDISI 4 2019
P. 17
LAPORAN UTAMA
LAYANAN
TRANSCARES
Pertama Operasi : Oktober 2016
Fokus : Warga Disabilitas di DKI Jakarta
Hari Operasional : Senin - Jumat
Waktu Operasional : 07.00 - 16.00 WIB
Armada : 26 Unit Minibus
Pusat Layanan : Pemesanan warga dijemput dan diantarkan
ke lokasi tujuan
Infografis/Arief Setiadi
Dari titik tersebut, warga akan diantar- batnya, banyak penyandang disabilitas Kehadiran Transcares diharapkan bisa
kan ke halte bus yang sudah ramah dis- tetap tidak bisa menikmati layanan se- menutupi kekurangan tersebut. “Kare-
abilitas. cara bebas. na Transjakarta itu setara buat semua,”
Setelah sampai di halte tujuan, war- Menurut David, jam operasi Trans- jelas Erawati.
ga akan dijemput armada Transcares lain cares hanya pada jam dan hari kerja saja. Menurut Erawati, bagi warga yang
dan mengantarkannya sampai titik yang Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00 tertarik untuk menggunakan Transcares
dituju. Jika jarak tempuhnya dekat, bi- hingga 16.00 WIB. Di luar jadwal dan bisa melakukan pemesanan lebih dulu
asanya akan langsung diantarkan ke ti- tanpa pemesanan, Transcares praktis tak ke pusat layanan 1500-102. Maksimal
tik akhir. bisa memberikan layanan. sehari sebelum keberangkatan.
“Padahal di luar jam kantor dan akh- Selain nomor tersebut, pemesan-
Masih Terbatas ir pekan, warga disabilitas banyak yang an bisa dilakukan melalui pesan sing-
membutuhkannya,” jelas dia. kat (SMS) dan WhatsApp di nomor
David mengatakan, operasional Kepala Divisi Pelayanan dan Mana- 08111545001. Setelah pemesanan,
Transcares sampai saat ini masih terba- jemen Transjakarta, Erawati Trijatmi, petugas akan mengatur jadwal penjem-
tas. Selain jumlah armada yang pas-pas- mengakui Transcares hadir karena tidak putan dan pengantaran.
an, jam operasional juga terbatas. Aki- semua halte busway ramah disabilitas. sam
Media Jaya Edisi 4 2019 17