Page 19 - MJ EDISI 4 2019
P. 19
INFRASTRUKTUR
kota/angkot) dan angkutan umum lain- yang terintegrasi dengan MRT, LRT dan tegrasi untuk stasiun LRT Jakarta yakni
nya. Commuterline. Agung mengatakan, Halte Pemuda Rawamangun dengan
“Dimaksudkan agar mobilitas ma- salah satu integrasi antar moda yang Stasiun LRT Velodrome,” jelas Agung.
syarakat dapat terjangkau melalui inte- menjadi perhatiannya saat ini adalah Integrasi halte BRT Transjakarta dan
grasi moda transportasi massal,” kata moda angkutan umum massal berba- Stasiun MRT di Simpang CSW-Kebayor-
Anies. sis rel. Sebelumnya, Transjakarta telah an Baru, katanya, memiliki pagu angg-
Direktur Utama Transjakarta Agung melakukan integrasi dengan operator aran Rp30 miliar. Dia juga mengatakan,
Wicaksono menyampaikan, pelanggan angkutan perkotaan (bus kecil) tahun Transjakarta menambah rute baru yang
Transjakarta maupun MRT Jakarta yang lalu. “Termasuk integrasi moda berba- ada kaitannya dengan integrasi MRT.
bergaya hidup aktif bisa menggunak- sis rel yang akan dihubungkan dengan Rute ini akan mengantarkan penumpang
an tangga untuk konektivitas antarmoda moda berbasis jalan dan kita telah ber- ke MRT. Di antaranya, Pondok Cabe, Ci-
transportasi. sinergi dengan MRT, Commuter Line, nere, Bintaro, BSD, dan Jatijajar.
Sedangkan bagi penyandang disabil- LRT,” katanya. Direktur Teknik dan Fasilitas PT Tran-
itas ataupun berkebutuhan khusus, kata Dikatakan Agung, ada empat halte sjakarta Wijanarko mengatakan, pelak-
Agung, bisa memanfaatkan fasilitas lift ke- Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT. sanaan revitalisasi halte itu menelan bi-
mudian menggunakan pelican crossing Yakni Halte Bundaran HI dengan Stasiun aya yang beragam. Namun, pihaknya
untuk integrasi Transjakarta dengan MRT MRT Bundaran HI, Halte Tosari dengan Sta- enggan membeberkan besaran biaya
Jakarta. siun MRT Dukuh Atas, Halte CSW Kor 13 itu, karena beberapa halte bukan dib-
dengan Stasiun MRT Sisingamangaraja dan iayai oleh Transjakarta. Seperti halte
Konsep Terbuka Halte Lebak Bulus Kor 8 dengan Stasiun Cakung itu yang dibangun oleh PT Kere-
MRT Lebak Bulus. ta Api Indonesia.
Agung menambahkan, halte Bunda- Untuk Commuter Line, pihaknya Halte-halte akan didesain dengan “ke-
ran HI ini menerapkan konsep terbuka akan melakukan integrasi untuk tiga kinian” seperti JPO yang berada di Gelora
dengan pintu rendah yang cocok den- halte yakni Halte Tosari Kor 1 dengan Bung Karno (GBK), Halte Polda Metro Jaya
gan iklim tropis. Sehingga diharapkan Stasiun Sudirman, Halte Stasiun Klender (PMJ) dan Bundaran Senayan. Kami akan
desain ini menambah kenyamanan dan koridor 11 dengan Stasiun Klender, menyesuaikan tema halte dengan daerah
memberikan pengalaman yang leb- Halte Stasiun Cakung Non MRT dengan tersebut.
ih mengesankan bagi pelanggan TJ. Stasiun Cakung. “Yang jelas, harus sesuai standar
“Halte Bundaran HI dibangun dengan Untuk Halte Tosari akan terintegrasi yakni akses terbuka dan lebih mudah.
desain ornamen etnis,” ujarnya. dengan Stasiun Sudirman yang meru- Kita upayakan lebih kekinian karena
Saat ini, akunya, Transjakarta akan pakan stasiun kereta api bandara Soek- bagaimana halte yang sudah berumur
melakukan revitalisasi delapan halte arno-Hatta. “Kami juga membangun in- 14 tahun di make over,” ucapnya. has
Media Jaya Edisi 4 2019 19