Page 16 - MJ EDISI 3 2019
P. 16
LAPORAN UTAMA
Media Jaya/D harma
Hubungi 112,
Kami Segera Datang!
Semua data penelpon 112 untuk tidak kekerasan perempuan dan anak
dijamin kerahasiannya.
iang itu suasana di Unit Reaksi grasi dengan Dinas PPAPP sebagai ban tindak kekerasan anak dan perem-
Cepat (URC), di salah satu sudut kanal pengaduan tindak kekerasan ter- puan melalui pelayanan URC.
Skantor Dinas Pemberdayaan, Per- hadap perempuan dan anak. Layanan ini Dari situlah, layanan Jakarta Siaga
lindungan Anak dan Pengendalian Pen- beroperasi 24 jam tanpa setop. yang awalnya hanya menerima pelapo-
duduk (DPAPP) DKI Jakarta mendadak Meski baru sebatas laporan indika- ran kebencanaan, mulai Desember 2017
berubah. Alat penerima panggilan daru- si tindak kekerasan, semua akan ditin- resmi menerima pelaporan tindak ke-
rat yang ada di atas meja berdering, tan- dak lanjuti sesuai prosedur. Apalagi kerasan pada perempuan dan anak.
da ada panggilan masuk. jika panggilan yang masuk bersifat ga- “Pada 2018, integrasi layanan 112
Akbar Anas yang duduk di belakang mulai dioperasikan. Masyarakat bisa me-
meja sigap meraih dan menyapa suara manfaatkan layanan tersebut jika men-
di seberang. Rupanya seorang dokter “Gubernur (DKI Jakarta, gendus atau mengetahui ada tindakan
melaporkan tindak kekerasan yang dial- Anies Baswedan) juga atau indikasi kekerasan,” tegas Tuty.
ami pasien perempuannya. Kejadiannya meminta kita melibatkan Menurut Tuty, layanan 112 memang
di Jakarta Utara. seluruh RT dan RW di DKI. dikhususkan untuk pelayanan bagi war-
Tak lama usai mencatat identitas Untuk itu, kita sedang ga yang mengalami tindak kekerasan
pelapor, Akbar langsung berkoordina- menyiapkan aplikasi dan membutuhkan penanganan lebih
si dengan dua petugas URC lain. Keti- semacam panic lanjut seperti pendampingan, perlind-
ganya terlibat pembahasan serius untuk button yang akan ungan keamanan, hingga perlindungan
melaksanakan prosedur penanganan melibatkan masyarakat hukum.
pelaporan. Tak perlu waktu lama, tim secara langsung,” Melalui layanan 112 untuk tindak ke-
URC bergerak dari kantor mereka di kerasan perempuan dan anak, panggi-
Pulo Gadung, Jakarta Timur. Mereka ha- Kepala Dinas PPAPP lan darurat yang masuk akan langsung
rus segera sampai di Tanjung Priok, Ja- DKI Jakarta terhubung dengan perangkat panggilan
karta Utara untuk penanganan korban. Tuty Kusumawati darurat di URC.
Sehari-hari begitulah yang dialami “Data dan identitas penelepon
Akbar dan tim lainnya sebagai petugas wat darurat, artinya tindak kekerasaan benar-benar aman. Terjaga kerahasiaan-
URC. Setiap laporan tindak kekerasaan sedang berlangsung dan memerlukan nya dan hanya bisa diakses tim di sini
yang masuk baik melalui pusat layanan penanganan khusus. (Dinas PPAPP),” kata Akbar Anas, petu-
112 atau kanal lainnya akan direspons Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tut- gas URC.
dengan cepat. ty Kusumawati menjelaskan, layanan Akbar sendiri bertugas menerima
Awalnya layanan 112 merupak- 112 awalnya merupakan layanan Jakarta panggilan laporan kekerasaan dari war-
an layanan kebencanaan yang dikelo- Siaga Bencana. Namun, saat yang sama ga. Selama ini laporan yang masuk ke
la BPBD DKI Jakarta. Sejak Desember Dinas PPAPP memiliki program kerja un- 112 lebih banyak pengaduan kondi-
2017, emergency call ini mulai terinte- tuk pencegahan dan penanganan kor- si darurat. Biasanya terkait dengan ka-
16 Media Jaya Edisi 3 2019