Page 16 - MJ EDISI 3 2019
P. 16

LAPORAN UTAMA



                                                                                                   Media Jaya/D harma







           Hubungi 112,
           Kami Segera Datang!






            Semua data penelpon 112 untuk tidak kekerasan perempuan dan anak
            dijamin kerahasiannya.










                iang  itu  suasana  di  Unit  Reaksi   grasi dengan Dinas PPAPP sebagai   ban tindak kekerasan anak dan perem-
                Cepat (URC), di salah satu sudut   kanal pengaduan tindak kekerasan ter-  puan melalui pelayanan URC.
           Skantor Dinas Pemberdayaan, Per-     hadap perempuan dan anak. Layanan ini   Dari situlah, layanan Jakarta Siaga
           lindungan Anak dan Pengendalian Pen-  beroperasi 24 jam tanpa setop.     yang awalnya hanya menerima pelapo-
           duduk (DPAPP) DKI Jakarta mendadak      Meski baru sebatas laporan indika-  ran kebencanaan, mulai Desember 2017
           berubah. Alat penerima panggilan daru-  si tindak kekerasan, semua akan ditin-  resmi menerima pelaporan tindak ke-
           rat yang ada di atas meja berdering, tan-  dak lanjuti sesuai prosedur. Apalagi   kerasan pada perempuan dan anak.
           da ada panggilan masuk.              jika panggilan yang masuk bersifat ga-  “Pada  2018,  integrasi  layanan  112
              Akbar Anas yang duduk di belakang                                     mulai dioperasikan. Masyarakat bisa me-
           meja sigap meraih dan menyapa suara                                      manfaatkan layanan tersebut jika men-
           di seberang. Rupanya seorang dokter      “Gubernur (DKI Jakarta,         gendus atau mengetahui ada tindakan
           melaporkan  tindak kekerasan yang dial-   Anies Baswedan) juga           atau indikasi kekerasan,” tegas Tuty.
           ami pasien perempuannya. Kejadiannya    meminta kita melibatkan             Menurut Tuty, layanan 112 memang
           di Jakarta Utara.                       seluruh RT dan RW di DKI.        dikhususkan untuk pelayanan bagi war-
              Tak lama usai mencatat identitas       Untuk itu, kita sedang         ga yang mengalami tindak kekerasan
           pelapor,  Akbar  langsung  berkoordina-    menyiapkan aplikasi           dan membutuhkan penanganan lebih
           si dengan dua petugas URC lain. Keti-        semacam panic               lanjut  seperti pendampingan, perlind-
           ganya terlibat pembahasan serius untuk      button yang akan             ungan keamanan, hingga perlindungan
           melaksanakan prosedur penanganan         melibatkan masyarakat           hukum.
           pelaporan. Tak perlu waktu lama, tim        secara langsung,”               Melalui layanan 112 untuk tindak ke-
           URC bergerak dari kantor mereka di                                       kerasan  perempuan  dan  anak,  panggi-
           Pulo Gadung, Jakarta Timur. Mereka ha-      Kepala Dinas PPAPP           lan darurat  yang masuk  akan langsung
           rus segera sampai di Tanjung Priok, Ja-         DKI Jakarta              terhubung dengan perangkat panggilan
           karta Utara untuk penanganan korban.         Tuty Kusumawati             darurat di URC.
              Sehari-hari begitulah yang dialami                                       “Data dan identitas penelepon
           Akbar dan tim lainnya sebagai petugas   wat darurat, artinya tindak kekerasaan   benar-benar aman. Terjaga kerahasiaan-
           URC. Setiap laporan  tindak kekerasaan   sedang berlangsung dan memerlukan   nya dan hanya bisa diakses tim di sini
           yang masuk baik melalui pusat layanan   penanganan khusus.               (Dinas PPAPP),” kata Akbar Anas, petu-
           112  atau  kanal  lainnya  akan  direspons   Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tut-  gas URC.
           dengan cepat.                        ty Kusumawati menjelaskan, layanan     Akbar sendiri bertugas menerima
              Awalnya  layanan  112  merupak-   112 awalnya merupakan layanan Jakarta   panggilan laporan kekerasaan dari war-
           an layanan kebencanaan yang dikelo-  Siaga Bencana. Namun, saat yang sama   ga.  Selama  ini  laporan  yang  masuk  ke
           la BPBD DKI Jakarta. Sejak Desember   Dinas PPAPP memiliki program kerja un-  112  lebih  banyak  pengaduan  kondi-
           2017,  emergency call ini mulai terinte-  tuk  pencegahan  dan  penanganan  kor-  si darurat. Biasanya terkait dengan ka-



           16 Media Jaya Edisi 3 2019
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21