Page 8 - MJ EDISI 2 2019
P. 8
LAPORAN UTAMA
Jalan Panjang MRT Jakarta
Melewati berbagai masa kepemimpinan hingga nyaris gagal karena badai di penghujung era 90an, proyek
prestisius kini mengukir sejarahnya tersendiri. Indonesia menjadi negara keempat di Asia Tenggara yang suk-
ses membangun jaringan moda transportasi massal ini. Warga Jakarta pun patut bersenang dan berbangga
diri.
erita tentang MRT Jakarta hari ini kasi Informasi dan Statistik, DKI Jakarta. dua tahun, Pemprov bersama pemer-
adalah cerita panjang yang dim- Rilis ini sekaligus memberikan gamba- intah pusat mulai menggagas rencana
Culai sejak berpuluh tahun silam. ran bagi warga untuk merunut kembali umum (master plan) pertama untuk me-
Sebuah impian untuk menghidupkan masa demi masa perjalanan MRT Jakar- ningkatkan jalur kereta api yang sudah
dan meningkatkan kembali jaringan per- ta yang segera akan membelah ruang- ada sejak 1850an ini. Master plan ini
kreta apian warisan pemerintahan Hin- ruang bawah tanah ibukota. mencakup rencana menyambungkan
dia Belanda yang melintasi Jakarta atau Di awal era 70an, ide besar pem- jalur kereta lama dengan wilayah sekitar
Batavia pada masa itu. bangunan MRT sebenarnya sudah mu- Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang,
Jauh sebelum resmi dioperasikan lai digaungkan oleh Pemerintah Provinsi dan Bekasi (Jabodetabek).
untuk publik pada 24 Maret 2019, de- DKI Jakarta. Tepatnya antara kurun wak- Panjangnya perencanaan pemban-
til perjalanan panjang lahir dan berop- tu 1971 hingga 1973. Saat itu, lebih pada gunan MRT bukan tanpa sebab. Ber-
erasinya MRT Jakarta dijabarkan dalam bagaimana meningkatkan jalur kereta bagai studi kelayakan dan kajian harus
rilis yang dikemas oleh Dinas Komuni- api yang diwariskan Belanda. Selama dilakukan, bahkan melewati beberapa
periode Gubernur DKI Jakarta. Studi
KERJA BERSAMA WUJUDKAN kelayakan itu diperlukan untuk menen-
KERJA BERSAMA WUJUDKAN
MRT JAKARTA
MRT JAKARTA tukan skema pembiayaannya dengan
melihat kemampuan, baik Pemerintah
Pusat maupun Pemerintah Daerah. Se-
1 lain itu, diperlukan proses penetapan
Menteri Riset dan Teknologi 2 Gubernur Soerjadi Soedirdja jalur, dampak lingkungan, dan pembe-
B.J Habibie basan lahan yang sangat menentukan
1995 - Membentuk Unit Manajemen
1995 - Meminta Gubernur DKI Jakarta Proyek Sistem Angkutan Umum Massal dalam masa pembangunan, serta men-
untuk melakukan penyusunan desain Jakarta (UMP Saumaja) melalui SK
dasar proyek MRT Blok M-Kota Nomor 413/1995.
dengan konsep kerjasama pemerintah jadi faktor kunci kelayakan dalam pem-
swasta.
biayaannya.
Tahun 1971, pemerintah mulai meng-
gagas pembuatan master plan atau ren-
3 gubernur sutiyoso cana umum peningkatan jalur kereta api
1999 - Memulai kembali rencana 4 presiden republik indonesia
pembangunan MRT. Departemen Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Beka-
Perhubungan mengulas desain dasar susilo bambang yudhoyono
dan mengusulkan agar proyek tersebut si (Jabodetabek) ini digagas pemerin-
menjadi proyek pemerintah. Namun 2005 - Menegaskan bahwa proyek
usulan tersebut terkendala pendanaan. MRT Jakarta adalah proyek nasional. tah bersama Lembaga Kerja Sama Tek-
2006 - Persetujuan pembiayaan
(loan agreement) proyek MRT nis Jerman Gesellschaft für Technische
koridor Selatan Utara fase I
ditandatangani Gubernur JIBC Zusammenarbeit (GTZ). Rencana umum
Kyosuke Shinozawa dan Dubes
ini ditindaklanjuti oleh Japan Interna-
RI untuk Jepang Yusuf Anwar.
tional Cooperation Agency (JICA) den-
5 gubernur fauzi bowo gan menyusun Urban/Suburban Railway
2007 - Mendorong revisi terhadap Undang-Undang 2010 - Memulai pengerjaan desain
Nomor 13 Tahun 1992 tentang Perkeretaapian dasar MRT. Transportation in Jabotabek Area Mas-
menjadi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007.
2011 - Melaksanakan tender/lelang
2008 - 1) PT MRT Jakarta akhirnya dapat resmi konstruksi MRT fase I. ter Plan yang kemudian dikenal sebagai
berdiri pada 17 Juni 2008; 2) menandatangani
Aide Memoar studi perpanjangan koridor MRT 2012 - Melaksanakan pencanangan Master Plan KA Jabotabek 2002.
Selatan-Utara fase Dukuh Atas-Kota-Kampung pertama MRT fase I koridor
Bandan. Selatan-Utara, Lebak Bulus-Bundaran HI
sepanjang 15,7 kilometer. Dalam rencana umum terkonsolidasi
2009 - Menandatangani naskah
perjanjian penerusan hibah proyek yang disepakati Bappenas, Kementerian
MRT.
8 Media Jaya Edisi 2 2019