Page 41 - mediajaya-ed-1-2015
P. 41

PARIWISATA DAN BUDAYA

 KONTRIBUSI WISATA





                                                Sihombing  sangat  menarik  untuk  daerah  yang  mempunyai  industri
                                                dicoba.                           kuliner  cukup  besar.  Dari  data
                                                   Itu sebabnya tempat kuliner yang  tersebut DKI Jakarta masih menjadi
                                                berada  pada  pusat  belanja  menjadi  provinsi terbesar yang jumlah usaha
                                                pilihan  utama  bagi  Sihombing  kulinernya hingga ribuan. Oleh sebab
                                                sekeluarga. Selain tidak perlu pindah  itu,  ke  depan  sektor  kuliner  masih
                                                tempat,  banyak  tempat  kuliner,  akan  terus  berkembang  asalkan
                                                mulai  tradisional  hingga  kuliner  potensi lokal ini mendapat perhatian
                                                mancanegara  tersedia  di  pusat  pemangku  kepentingan  agar  usaha
                                                belanja di Jakarta.               kuliner  terus  diberdayakan  atau
                                                Melesat                           difasilitasi.
                                                   Sihombing memang bukan warga  Ceruk kuliner Jakarta
                                                Jakarta namun memanfaatkan waktu     Kuliner  Jakarta  yang  terus
                                                libur  dengan  mencari  makanan  mendapatkan tempat dari warganya
                                                favorit  sambil  berbelanja  sudah  juga  berdampak  pada    pendapatan
                                                menjadi  bagian  hidup  kebanyakan  daerah.  Tengok  saja  dari  sejumlah
                                                warga  Jakarta.  Terlebih  Indeks  festival yang pernah digelar Pemprov
                                                Tendensi  Konsumen  (ITK)  di  DKI  DKI  Jakarta  selama  pemerintahan
                                                Jakarta  menunjukkan  tanda-tanda  Joko   Widodo-Basuki    Tjahaja
                                                adanya peningkatan.               Purnama menyumbang pendapatan
                                                   Data  Dinas  Pusat  Statik  DKI  asli daerah untuk sektor pariwisata.
                                                Jakarta  menyebutkan  ITK    di  DKI   Data  Dinas  Pariwisata  dan
                                                Jakarta pada Triwulan II-2015 sebesar  Kebudayaan  DKI  Jakarta  yang
                                                109,71,  itu  artinya  kondisi  ekonomi  diumumkan  pada  Januari  2014
                                                konsumen  pada  Triwulan  II-2015  lalu   menyebutkan   pendapatan
                                                secara  umum  dikatakan  meningkat  meningkat  dari  Rp  2,6  triliun  pada
                                                dibandingkan  triwulan  sebelumnya.  2012  menjadi  Rp3,103  triliun  pada
                                                Tingkat  optimisme  tersebut  lebih  2013.  Peningkatan  itu  berasal  dari
                                                tinggi dibandingkan Triwulan I-2015  pajak  restoran,  hiburan,  hotel,  dan
                                                (nilai indeks 103,97).            retribusi-retribusi mencapai Rp3,103
                                                   Sedangkan   Indeks   Tendensi  triliun.  Jumlah  ini  meningkat  16%
                                                Konsumen  (ITK)  di  DKI  Jakarta  dibandingkan  2012  sebesar  Rp  2,6
                                                pada  Triwulan  III-2015  sebesar  triliun.  Peningkatan  PAD  itu  juga
                                                116,38  dengan  demikian  tingkat  disebabkan   jumlah   wisatawan
                                                optimisme  konsumen  diperkirakan  domestik  dan  mancanegara  yang
                                                lebih  tinggi  dibandingkan  dengan  semakin meningkat sepanjang 2013.
                                                triwulan  II-2015.  Dengan  kata  lain,   Tak  hanya  itu,  pertumbuhan
                                                ada  lebih  banyak  rumahtangga  industri pariwisata di Ibu Kota juga
                                                yang  berpersepsi  bahwa  kondisi  terus  meningkat,  dari  8.843  bisnis
                                                ekonominya  akan  lebih  baik  di  pada 2012 menjadi 10.172 unit bisnis
                                                triwulan  mendatang  ketimbang  pada  2013.  Jumlah  itu  meningkat
                                                triwulan II-2015.                 sekitar  15,03%.  Indikator  lainnya
                                                   Potensi  itu  bisa  jadi  berdampak  adalah jumlah penyelenggaran event
                                                pada    peningkatan   daya   beli  budaya  di  DKI  Jakarta.  Tahun  2012
                                                masyarakat  Jakarta.  Tentu  saja  hal  hanya ada 147 kegiatan, pada tahun
                                                itu membawa angin segar terhadap  2013 melonjak menjadi 246 kegiatan.
                                                gaya  hidup  orang  Jakarta    yang   Festival   kuliner     yang
                                                akrab  dengan  mal  dan  kulinernya.  diselenggarakan  setiap  tahun  di
                                                Tak  heran  jika  dari  tahun  ke  tahun  DKI tentunya berdampak pula pada
                                                potensi  usaha  kuliner  di  Jakarta  banyak  hal.  Selain  bisa  menarik
                                                semakin berkembang pesat.         wisatawan  juga  menjadi  ladang
                                                   Dari     tabel   Kementerian  untuk terus berkreasi menghasilkan
                                                Pariwisata   Republik   Indonesia  makanan  yang  disukai  seluruh
                                                diketahui  beberapa  provinsi  di  lapisan masyarakat. Harapan lainnya
                                                Indonesia  seperti  Sumatera  Utara,  agar  makanan  tradisional  Jakarta
                                                Riau,  DKI  Jakarta,  Jawa  Barat,  Jawa  bisa  mendapat  tempat  di  pencinta
                                                Timur,  Banten  dan  Bali  merupakan  kuliner di Indonesia. AL
                                                                                           Media J
                                                                                           Media Jaya  Nomor 01 Tahun 2015 41aya  Nomor 05 Tahun 2014 41
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46