Page 9 - MEDIAJAYA EDISI 6 TAHUN 2020
P. 9
MEDIA JAYA EDISI | 06 2020
Tujuan Integrasi
Lebih cepat ( memangkas
waktu tunggu dan waktu
transfer)
Lebih mudah ( Memperpendek
jarak kaki, memperjelas infor-
masi dan rasa nyaman dalam
satu sistem)
Lebih terjangkau ( Menghemat
biaya dengan tarif dan pem-
bayaran yang terintegrasi)
Desain tipikal integrasi
BRT (Bus Rapid Transit)
Median – MRT Bawah Tanah
BRT layang – MRT layang
BRT – KRL
BRT – LRT
Integrasi kawasan
Infografis/Tommy.K.R
1. Akses bagi
pejalan kaki menuju
hal bus dan moda 9
transportasi publik.
2. Salah satu tempat
untuk menurunkan
atau mengangkut
penumpang ojek
online di Stasiun
Tanah Abang.
Foto
Safran H.
transportasi umum dari rata-rata 338 ini. Kolaborasi tersebut melahirkan
ribu orang perhari pada 2017 menjadi konsep stasiun terpadu yang mampu
sekitar 700 ribu perhari pada 2019. mengintegrasikan antarmoda trans-
Bahkan, pada awal Februari lalu, jum- portasi di Jakarta dengan nyaman dan
lah pengguna Transjakarta mampu efisien saat harus berpindah moda
menembus 1 juta orang. Integrasi antarmoda transportasi.
Pola integrasi yang sudah berjalan menjadi kata kunci “Jadi semua moda transporta-
selama ini juga berhasil menurunkan dalam menjawab setiap si commuter, kereta api, Transjakar-
peringkat Ibu Kota di antara kota-kota tantangan pembangunanan ta hingga JakLingko terintegrasi se-
termacet di dunia. Berdasarkan riset sarana transportasi publik di cara keseluruhan. Ini akan membuat
TomTom Traffic Index, Jakarta berha- Jakarta pengguna transportasi lebih nyaman,
sil turun tiga peringkat dari kota ter- efisien dan produktif, “ kata Anies.
macet keempat pada 2017 menjadi Anies Baswedan Berdasarkan data Badan Pusat
kota termacet ke 7 di tahun 2019. Gubernur DKI Jakarta Statistik (BPS) , jumlah penumpang
Pemprov DKI Jakarta juga men- KRL Commuter Jabodetabek sepan-
jalin kerja sama dengan PT KAI un- jang 2019 mencapai 336 juta orang.
tuk integrasi Transjakarta dan KRL Sementara jumlah pengguna MRT Ja-
dengan mendirikan PT Moda Integra- karta ditargetkan 110.000 penumpang
si Transportasi Jakarta awal tahun perhari pada 2020 ini. yen/nis