Page 32 - MJ Edisi 6 2018
P. 32
PELAYANAN
RSUD Tarakan
Layanan One Stop Service Jantung
Bila sebelumnya fasilitas lengkap untuk penanganan penyakit kritis lebih banyak ditemui pada rumah sakit
swasta, kini tidak lagi. Warga DKI Jakarta sekarang bisa memanfaatkan layanan Critical Care Center (3C)
atau biasa disebut pusat pelayanan kritis, dan ini sudah ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tara-
kan, Jakarta Pusat.
ila sebelumnya fasilitas lengkap bila pelayanan jantung terpadu pada ten.
untuk penanganan penyakit kritis rumah sakitnya mengusung konsep “Kalau soal pelayanan jantung di
Blebih banyak ditemui pada rumah one stop service. Artinya bukan hanya Rumah Sakit Tarakan sudah dimulai
sakit swasta, kini tidak lagi. Warga DKI bergerak dalam hal menangani masalah pada 2014 lalu, jadi pak direktur saat itu
Jakarta sekarang bisa memanfaatkan jantung pasien, namun mulai dari pra ingin mengembangkan Tarakan men-
layanan critical care center (3C) atau bi- sampai pasca juga ikut ditangani oleh jadi Rumah Sakit tipe A yang baru mulai
asa disebut pusat pelayanan kritis, dan ini tenaga medis profesional dan kompe- berjalan pada 2016. Pada gedung baru
sudah ada di Rumah Sakit Umum Daerah
(RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat.
Salah satu fasilitas unggulan 3C di
RS Tarakan adalah pelayanan jantung “Penyakit jantung pada anak saat ini sudah banyak terjadi,
terpadu. Sesuai namanya, layanan yang tapi masih minim penangananya sejak dini. Faktornya karena
mulai beroperasi pada 2014 ini spesi- masih kurang tenaga ahli atau spesialis jantung anak.
fik menangani segala macam penyakit
pasien yang berhubungan dengan jan- Dr. Yudi Amiarno
tung, mulai yang bedah ada pula yang Wakil Direktur Pelayanan Medis RS. Tarakan
non bedah jantung.
Wakil Direktur Pelayanan Medis RS
Tarakan Dr Yudi Amiarno, menjelaskan
Tim dokter spesialis jantung terpadu di RSUD Tarakan Jakarta melakukan tindakan bedah jantung kepada pasien yang mengalami gangguan atau penyumbatan darah ke jantung.
32 Media Jaya Edisi 6 2018 Media Jaya Edisi 6 2018 33