Page 57 - media_jaya_01_2014
P. 57
















































ROP menjadi wadah aspirasi yang Pemprov DKI Jakarta seperti, Ke depan, tutur Eko Hariadi, 

memiliki karakter mudah, murah twitter dan facebook. Dari aspirasi pihaknya akan mengembangkan 
yang disampaikan, kemudian akan inovasi layanan dengan 
dan massal. Dengan bantuan 
teknologi informasi sekarang ini langsung ditindaklanjuti oleh satuan menyajikan data secara spasial 

setiap orang dapat menyampaikan kerja perangkat daerah (SKPD) sehingga data yang tersaji lebih 

aspirasinya tanpa batas ruang dan maupun unit kerja perangkat daerah lengkap dan informatif. Inovasi

waktu sehingga memudahkan (UKPD) terkait.
ini guna mendukung sebuah 

warga. Yang kedua, murah, program aplikasi android yang 
Data Spasial
teknologi komunikasi sudah tengah dipersiapkan oleh Dinas 

menjadi bagian hidup sehari-hari Sejak dimulai tahun 2011
Kominfomas saat ini. Aplikasi 

warga dan tak lagi membutuhkan lalu, tren aspirasi yang masuk ke tersebut mirip dengan aplikasi 
ROP mengalami peningkatan
safetipin yang telah dikembangkan 
biaya yang mahal. Karakter yang 
terakhir adalah massal artinya setiap yang sangat signiikan. Pada tahun di India.

orang bisa melakukannya.
2013, tercatat 16.393 aspirasi yang Nantinya aplikasi tersebut bisa 

“Kami membuka seluas-luasnya masuk, terjadi lonjakan dari tahun diunduh melalui Google Playstore 

kanal ini supaya pihak-pihak yang sebelumnya yang hanya 2.902. Dari dan berfungsi untuk memberikan 

memiliki akses dapat membantu keseluruhan aspirasi yang masuk informasi terkait kondisi suatu 

melakukan monitoring dan pada tahun 2013, sebagaian besar wilayah.

evaluasi,” tandasnya.
telah mendapatkan respon. Namun “Kita sedang kembangkan. 

Sejauh ini, sambung Eko, demikian tentunya pengelolaan Nanti dengan aplikasi itu kita bisa 
ROP memerlukan pengembangan langsung pantau di mana sampah 
warga Jakarta menyampaikan 
aspirasinya melalui beberapa dan inovasi yang lebih baik lagi menumpuk, PKL atau jalan rusak 

kanal seperti email, sms, dan untuk meningkatkan kualitas sesuai laporan masyarakat,” ucap 

juga media sosial yang dimiliki
layanan kepada masyarakat Jakarta.
Eko. (ANN)



Media Jaya l Nomor 01 Tahun 2014
57



   55   56   57   58   59