Page 42 - MJ EDISI 11 2019
P. 42

PROFIL USAHA








         Batik NengMas Tembus Pasar Mancanegara




          Melalui NengMas, brand batik khusus anak-anak, Poetri Hanjani – berkomitmen mengangkat ragam per-
          mainan tradisional sebagai motif batiknya. Pasar batik NengMas pun meluas hingga mancanegara dengan
          omset mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.




         Foto-foto Media Jaya/Safran. H


































          Poetri Hanjani dengan beberapa koleksi batik NengMas untuk anak-anak yang bermotif  permainan tradisional.


              ebagai sebuah  brand, NengMas   NengMas dengan semangat untuk me-  benar batik dengan motif untuk anak-
              sebenarnya masih terbilang baru.   lestarikan batik sekaligus mempopuler-  anak masih sangat  jarang,” kata  Poetri
          SUsianya masih bilangan tahun se-  kan permainan tradisional anak yang   tentang ide awalnya melahirkan brand
          jak produk pertamanya muncul di indus-  sudah mulai banyak ditinggalkan. Ide-  NengMas.
          tri  fashion tanah air akhir 2016. Meski   nya bermula dari kecintaan Poetri pada   Ide motif permainan tradisional sen-
          demikian, koleksi-koleksi busana batik   dunia  fashion dan keinginannya men-  diri muncul dari hasil jepretan rekannya,
          anak-anak dengan motif unik ini rupa-  ciptakan  sesuatu  yang  berbeda  untuk   seorang fotografer semasa Poetri bekerja
          nya  sudah  “mejeng”  hingga  berbagai   memulai bisnisnya. Batik anak sendiri   sebagai karyawan di sebuah perusahaan
          fashion show di mancanegara.      dipilih karena pasar ini terbilang masih   ternama di Indonesia.
            Pada 2017 lalu misalnya, NengMas   sepi pemain.                       Dari sana, Poetri mulai mendesain
          mencuri perhatian di London Muslim   “Ide  bisnis  itu  kan  harus  unik.  Har-  motif-motif batik dengan permainan
          Lifestyle show.  NengMas juga bebera-  us beda dari apa yang sudah ada di pa-  tradisional sebagai inspirasi utamanya.
          pa kali mengikuti pameran di luar neg-  sar. Selama ini,  batik anak-anak lebih   Prosesnya tidak mudah,  trial and error
          eri.                              pada batik dewasa hanya dalam ukuran   meskipun  Poetri  pada  dasarnya  gemar
            Sejak awal, Poetri menciptakan merk   mini, ukuran anak-anak saja. Yang benar-  menggambar sejak kecil.



          42 Media Jaya EDISI 11 2019
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47