Page 23 - JaKita Edisi 10 Tahun 2021
P. 23

23
                                                                                  LAPORAN UTAMA          23






          court,  atau arah ke luar  stasiun. “Adanya  Tapi yang paling dirasakan Dela dengan adanya
          papan petunjuk ini memudahkan saya untuk  penataan  stasiun ini adalah kemudahan
          melanjutkan perjalanan,” kata Adella.             untuk berpindah transportasi. Stasiun Tebet
                                                            kini sudah terkoneksi dengan TransJakarta
          Adella  memberikan apresiasi kepada Pemprov  dan Mikrotrans. “Mikrotrans kini bisa langsung
          DKI Jakarta yang telah menyediakan fasilitas  diakses,  enggak perlu repot tunggu angkot di
          bagi penyandang disabilitas untuk beraktivitas.  luar stasiun,”ujarnya.
          Jalan pemandu atau  guiding block  sangat
          membantu penyandang disabilitas. “Sarana  Menurut Dela, adanya konektivitas antar moda
          dan prasarananya sangat  lengkap,” katanya.       ini dapat meningkatkan aksesibilitas para
                                                            pengguna KRL Commuter Line saat akan menuju
          Adanya stand pujasera di jalan masuk dan keluar  atau tiba di stasiun. “Iya, setidaknya dengan
          stasiun, memudahkan Adella untuk membeli  adanya penataan ini, orang-orang akan beralih
          makanan yang bersih. Kios-kios makanan  ke transportasi umum,” katanya berharap. 
          berjejer rapi,  menyediakan  berbagai macam
          makanan dan camilan. Bahkan di sekitar area  Ke  depan,  Dela  dan pengguna KRL Commuter
          pujasera juga terdapat ruang terbuka sebagai  Line lain juga akan merasakan kemudahan lain
          wadah interaksi bagi pengguna KRL Commuter  berupa  integrasi tarif antar moda  transportasi.
          Line. “Kita bisa melepas penat sambil menunggu  Nantinya, tarif berbagai moda transportasi tidak
          kereta,” kata Adella.                             lagi terpisah, tapi saling terintegrasi dalam
                                                            sekali perjalanan. “Biaya transportasi menjadi
          Bagi Adella menggunakan KRL Commuter Line,  lebih murah  dan terjangkau,” kata Dela.
          sudah  dilakoni  bertahun-tahun. Sejak masih
          kuliah, perempuan yang akrab disapa Dela  Lebih Nyaman
          itu sudah  menggunakan KRL Commuter Line
          sebagai sarana untuk beraktivitas. Begitu  Penataan Stasiun Palmerah juga dirasakan
          juga ketika sudah bekerja, Dela masih tetap  manfaatnya oleh Indi Amalia, warga Palmerah,
          setia  menggunakan      KRL   Commuter      Line.  Jakarta Barat. Ia mengaku dengan adanya
          “Menggunakan kereta lebih terjamin waktunya  penataan itu, tidak saja wajah stasiun menjadi
          dan enggak macet,” katanya.                       tertata rapi, tapi juga terintegrasi dengan moda
                                                            transportasi lainnya.
          Dela menuturkan, sebelumnya kawasan Stasiun
          Tebet semrawut dan tidak tertata. Angkutan kota  Ketika ditemui  JaKita, Indi menuturkan, adanya
          dan tukang ojek  online dan pangkalan  kerap  halte       di  Stasiun   Palmerah     memudahkan
          menaikan  dan  menurunkan  penumpang di           untuk naik KRL Commuter Line an melanjutkan
          depan stasiun. Akibatnya, kemacetan seringkali  perjalanan dengan transportasi umum. “Turun
          terjadi di sana. Belum lagi ditambah, gerobak  dari KRL kita bisa langsung menunggu bus di
          pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar  halte di Halte Pasar Palmerah atau Halte Stasiun
          stasiun, membuat Stasiun Tebet terlihat kumuh.    Palmerah,” katanya.

          Namun kini pemandangan itu telah sirna.   Selain itu kata Indi, di stasiun tersebut kini juga
          Angkutan umum, ojek  online  maupun bajaj  tersedia  shelter  angkutan umum, seperti ojek
          tidak lagi diperbolehkan  mangkal  di depan  online dan taksi. Ada juga gerai UMKM yang
          stasiun.  Mereka disediakan tempat khusus  menyajikan aneka makanan. Ada juga mini
          untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.  market. “Intinya, sekarang lebih nyaman dengan
          Di sana juga disediakan tempat duduk bagi   fasilitas yang  keren,” katanya.
          penumpang yang menunggu angkutan umum.
          “Sekarang menjadi teratur dan nyaman,” kata
          Dela.                                                                                          gro


                                                                                                       EDISI 10
                                                                                                       EDISI 10 TAHUN 2021TAHUN 2021
                                                                                       Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakartanformasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
                                                                                       Sarana I
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28