Page 30 - MJ Edisi 10 2018
P. 30

PELAYANAN





                                                      Jakarta 112
                                 ”Tombol Panik” Agar Warga

                                                  Tidak Panik




              Sejak meluncur pada 2016 lalu, layanan call center Jakarta Siaga 112 sudah banyak bertransformasi.
              Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta,
             112 dijadikan sebagai ”nomor sakti” yang siap membantu warga DKI kapan pun membutuhkan layanan
                                        yang bersifat darurat selama tujuh hari-24 jam.


           Foto-foto Media Jaya/E. Purwanto



























           Layanan 112 diharapkan menjadi pertolongan pertama pada persoalan bencana atau kegawatdaruratan warga di Jakarta, mulai kebakaran hingga penanggulangan kekerasan terhadap
           perempuan dan anak.


                eperti  diketahui, layanan  Jakarta   layanan untuk pengaduan kekerasan   ta, terutama bagi perempuan dan anak.
                Siaga 112 merupakan akses yang   pada perempuan dan anak. Ini sebena-  Untuk update inovasi dan layanan
           Ssudah terintegrasi dengan 14 Sat-  rnya sudah mulai berjalan sejak Desem-  lain yang akan mulai digulirkan pada
           uan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di   ber 2017 lalu, tapi memang saat itu be-  2019 mendatang, menurutnya sudah
           Jakarta. Keberadaan layanan ini memu-  lum sekencang kemarin-kemarin. Jadi   ada beberapa hal yang direncanakan.
           dahan warga DKI, karena tak lagi dipus-  sebagai informasi saja, kini 112 juga su-  Mulai dari pembuatan sistem quality
           ingkan mengingat bermacam nomor    dah menerima pengaduan kekerasan   asurance 112 dengan menggunakan ap-
           darurat antar instansi Pemprov.    untuk perempuan dan anak," ucap Ke-  likasi berbasis website untuk memantau
              Seiring berjalannya waktu, kini lay-  pala Pelaksana BPBD Jupan Royter ke-  dan  menilai  keseluruhan  personil  ser-
           anan 112 sudah  mulai melayani  berb-  pada Media Jaya.               ta perangkat yang ada pada unit-unit
           agai macam layanan. Salah satu yang   Dengan adanya layanan ini, masyara-  pelaksana teknis (UPT) sampai pening-
           kini sedang digencarkan adalah untuk   kat bisa dengan mudah untuk melapork-  katkan pelayanan 112 dengan mengu-
           pengaduan terhadap perempuan dan   an bila melihat adanya tindak kekerasan   nakan aplikasi "panic button".
           anak yang telah disenergikan bersama   terhadap perempuan atau anak di ling-  Secara terpisah, Kepala UPT Pusat
           Pusat Pelayanan Terpadu Pemberday-  kungan sekitarnya. Jupan berharap den-  Data dan Informasi Kebencanaan BPBD
           aan Perempuan dan Anak (P2TP2A).   gan adanya integrasi layanan tersebut   DKI M. Ridwan S, mengatakan bila un-
              "Saat ini kita sudah tambah dengan   bisa menekan angka kekerasan di Jakar-  tuk rencans  aplikasi panic  button saat



           30 Media Jaya Edisi 10 2018
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35