Page 21 - MJ Edisi 7 2018
P. 21

BALAI KOTA



                                                                                                     Salah satu pembi-
                                                                                                     cara sedang mem-
                                                                                                     berikan materi pada
                                                                                                     kegiatan pengelola
                                                                                                     media sosial di ling-
                                                                                                     kungan Pemprov
                                                                                                     DKI Jakarta.








              ebagai salah satu kanal komuni-
              kasi, peran media sosial saat ini
         Stak bisa dipungkiri, yanki menjadi
         katalis pesan yang sangat efektif. Ber-
         dasarkan hasil survei Asosiasi Penyeleng-
         gara Jasa Internet Indonesia, pengguna
         internet pada 2017 setidaknya sudah
         mencapai 143,26 juta jiwa, atau setara
         dengan 54,68 persen dari total jumlah
         penduduk Indonesia. Sementara, peng-
         guna media sosial yang aktif berdasar-
         kan data Hootsuite.com, sudah menca-
         pai 130 juta. Youtube menjadi platform
         media sosial dengan pengguna tertinggi
         yakni 43%, disusul oleh Facebook, 41%
         dan Whatsapp sebayak 40%, serta Insta-
         gram 33%.
            Pemprov DKI Jakarta sendiri sejatin-
         ya sudah sejak lama memanfaatkan me-
         dia sosial sebagai kanal komunikasi yang
         diolah di bawah dinas komunikasi dan
         statistik (Diskominfotik). Hanya, dampak
         dari  media  sosial  tidak  secepat  seperti
         saat ini. Perubahan pola konsumsi infor-  si harus benar-benar selalu diikuti,” kata   pengelolaan medsos instansi. Menurut-
         masi pada masyarakat perkotaan mem-  Plt Kadiskominfotik DKI Jakarta, Net-  nya, pengelolaan media sosial pemerin-
         buat media sosial yang awalnya lebih   ti Herawati saat memberikan sambutan   tah harus mengikuti perkembangan za-
         sebagai sarana aktualisasi diri dan sos-  pada kegiatan Peningkatan Kapasitas   man dengan terus menyesuaikan dan
         ialisasi, saat ini menjadi salah satu sum-  Pengelola Media Sosial di Lingkungan   memperhatikan  target  audience-nya.
         ber utama informasi yang dipercayai ma-  Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu   Tujuanya agar pemanfaatan medsos
         syarakat.                          lalu.                              dapat mendukung dan menjadi salah
            Di sisi lain, sebagai sumber infroma-  Nita mengingatkan pengelola akun   satu alat komunikasi yang efektif untuk
         si, informasi-informasi  di media sosial   media sosial untuk selalu melakukan cek   menyampaikan informasi pembangunan
         cenderung tidak terbatas serta memiliki   dan ricek terhadap konten sebelum di-  kepada masyarakat luas.
         rekam jejak yang tidak bisa benar-benar   publikasi dan menjadi konsumsi pub-  Kegiatan  Peningkatan  Kapasitas
         hilang. Kondisi ini tentu berpengaruh ke-  lik. “Pengelola  akun media  sosial juga   Pengelola Media Sosial di lingkungan
         pada Diskominfotik Pemprov DKI Jakar-  memperhatikan keselarasan informasi   Pemprov DKI sendiri dibagi menjadi
         ta sebagai SKPD yang mengelola pro-  dengan SKPD-SKPD lain yang juga me-  tiga kelas yakni, kelas konten, kelas pen-
         gram-program komunikasi untuk publik.  miliki akun media sosial masing-mas-  genalan  media  sosial,  kelas  pengena-
            “Kita yang berada di latar belakang   ing,” tambah Nita.           lan platform dan etika medsos. Saat ini,
         akun media sosial institusi pemerintah   Sementara itu pakar dan pemerhati   salah satu platfrom media sosial yang di-
         harus benar-benar bisa menempatkan   sosial media, Nukman Lutfie, yang men-  gunakan Pemprov DKI Jakarta adalah in-
         azaz kehati-hatian dalam menyebarkan   jadi salah  satu narasumber  dalam keg-  stagram dengan jumlah follower menca-
         setiap informasi yang akan dibagi. Stan-  iatan tersebut, mengatakan ada sejum-  pai lebih dari 50.000.
         dar dan prosedur penyampaian informa-  lah hal yang harus diperahatikan dalam                      nis



                                                                                    Media Jaya Edisi 7 2018  21
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26