Page 21 - MJ Edisi 7 2018
P. 21
BALAI KOTA
Salah satu pembi-
cara sedang mem-
berikan materi pada
kegiatan pengelola
media sosial di ling-
kungan Pemprov
DKI Jakarta.
ebagai salah satu kanal komuni-
kasi, peran media sosial saat ini
Stak bisa dipungkiri, yanki menjadi
katalis pesan yang sangat efektif. Ber-
dasarkan hasil survei Asosiasi Penyeleng-
gara Jasa Internet Indonesia, pengguna
internet pada 2017 setidaknya sudah
mencapai 143,26 juta jiwa, atau setara
dengan 54,68 persen dari total jumlah
penduduk Indonesia. Sementara, peng-
guna media sosial yang aktif berdasar-
kan data Hootsuite.com, sudah menca-
pai 130 juta. Youtube menjadi platform
media sosial dengan pengguna tertinggi
yakni 43%, disusul oleh Facebook, 41%
dan Whatsapp sebayak 40%, serta Insta-
gram 33%.
Pemprov DKI Jakarta sendiri sejatin-
ya sudah sejak lama memanfaatkan me-
dia sosial sebagai kanal komunikasi yang
diolah di bawah dinas komunikasi dan
statistik (Diskominfotik). Hanya, dampak
dari media sosial tidak secepat seperti
saat ini. Perubahan pola konsumsi infor- si harus benar-benar selalu diikuti,” kata pengelolaan medsos instansi. Menurut-
masi pada masyarakat perkotaan mem- Plt Kadiskominfotik DKI Jakarta, Net- nya, pengelolaan media sosial pemerin-
buat media sosial yang awalnya lebih ti Herawati saat memberikan sambutan tah harus mengikuti perkembangan za-
sebagai sarana aktualisasi diri dan sos- pada kegiatan Peningkatan Kapasitas man dengan terus menyesuaikan dan
ialisasi, saat ini menjadi salah satu sum- Pengelola Media Sosial di Lingkungan memperhatikan target audience-nya.
ber utama informasi yang dipercayai ma- Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu Tujuanya agar pemanfaatan medsos
syarakat. lalu. dapat mendukung dan menjadi salah
Di sisi lain, sebagai sumber infroma- Nita mengingatkan pengelola akun satu alat komunikasi yang efektif untuk
si, informasi-informasi di media sosial media sosial untuk selalu melakukan cek menyampaikan informasi pembangunan
cenderung tidak terbatas serta memiliki dan ricek terhadap konten sebelum di- kepada masyarakat luas.
rekam jejak yang tidak bisa benar-benar publikasi dan menjadi konsumsi pub- Kegiatan Peningkatan Kapasitas
hilang. Kondisi ini tentu berpengaruh ke- lik. “Pengelola akun media sosial juga Pengelola Media Sosial di lingkungan
pada Diskominfotik Pemprov DKI Jakar- memperhatikan keselarasan informasi Pemprov DKI sendiri dibagi menjadi
ta sebagai SKPD yang mengelola pro- dengan SKPD-SKPD lain yang juga me- tiga kelas yakni, kelas konten, kelas pen-
gram-program komunikasi untuk publik. miliki akun media sosial masing-mas- genalan media sosial, kelas pengena-
“Kita yang berada di latar belakang ing,” tambah Nita. lan platform dan etika medsos. Saat ini,
akun media sosial institusi pemerintah Sementara itu pakar dan pemerhati salah satu platfrom media sosial yang di-
harus benar-benar bisa menempatkan sosial media, Nukman Lutfie, yang men- gunakan Pemprov DKI Jakarta adalah in-
azaz kehati-hatian dalam menyebarkan jadi salah satu narasumber dalam keg- stagram dengan jumlah follower menca-
setiap informasi yang akan dibagi. Stan- iatan tersebut, mengatakan ada sejum- pai lebih dari 50.000.
dar dan prosedur penyampaian informa- lah hal yang harus diperahatikan dalam nis
Media Jaya Edisi 7 2018 21