Page 31 - EDISI 2 2023
P. 31

BUMD      31





          kebocoran air juga cukup tinggi, yakni mencapai  Arief menuturkan, PAM Jaya  berkomitmen
          44.3 persen.                                      untuk memberikan pelayanan yang lebih baik
                                                            lagi. Apalagi, PAM Jaya telah menargetkan 100
          Sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)  persen cakupan pelayanan pada 2030, sebagai
          antara PAM Jaya dengan PALYJA dan Aetra, kerja  perwujudan pemberian kedaulatan air bagi
          sama mereka berakhir pada 31 Januari 2023 lalu.  seluruh warga Jakarta tanpa terkecuali.
          Setelah swastanisasi air ini berakhir, PAM Jaya
          akan  melakukan  pelayanan  langsung kepada  Hanya saja menurut Arief untuk mencapai
          pelanggan.                                        100 persen cakupan pelayanan, PAM Jaya
                                                            membutuhkan  tambahan suplai air sebesar
          Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi  11.150  liter  per  detik serta pipa sepanjang
          Hartono,   mengungkapkan       pengambilalihan    4.000 km. Peningkatan akses terhadap air
          kegiatan dan pengoperasian air bersih untuk  minum perpipaan sejalan dengan Sustainable
          memberikan pelayanan yang terbaik kepada  Development Goals  (SDGs), yakni mencapai
          masyarakat.                                       akses universal dan merata terhadap air minum
                                                            yang aman serta terjangkau bagi semua.
          Heru Budi mengapresiasi PAM Jaya  atas segala
          upayanya untuk memastikan kelancaran proses  Selain  itu,  kata  Arief,  operasional  PAM  Jaya
          transisi dan transformasi keterlibatan dua mitra  juga telah berjalan lancar dengan sistem
          swasta sebelumnya, PALYJA dan Aetra, dalam  data terpadu. Meski begitu, kedepan perlu
          pengelolaan air bersih di Jakarta.                ada penyempurnaan, terutama secara proses
                                                            digitalisasi. “Kami akan melakukan pemutakhiran
          Hanya saja Heru Budi mengingatkan, dengan  data,” kata Arief.
          berakhirnya keterlibatan mitra swasta bukan
          berarti memulai lagi dari awal, tapi tinggal  Ia menghimbau kepada pelanggan untuk tidak
          melanjutkan dan meningkatkan pijakan yang  perlu resah, karena semuanya tetap berjalan
          sudah    terbangun    dan    menyempurnakan       seperti biasa. “Bahkan kami juga memperkuat
          dengan lebih baik.                                dengan layanan  online yang nanti akan bisa
                                                            lebih cepat lagi terlayani, baik terkait komplain,
          Ia menuturkan ada beberapa poin penting  hambatan,  maupun  sambungan  baru,” ujar
          yang harus dicermati PAM Jaya dalam momen  Arief.
          pergantian tersebut. Di antaranya, memastikan
          operasional harus berjalan, pelayanan tidak  Arief memastikan elemen utama kesiapan
          terganggu, dan peningkatan pelayanan air baku  operasional terpenuhi. Mulai dari tersedianya
          terus berjalan.                                   struktur   organisasi    full  operation    yang
                                                            mengakomodir      karyawan     mitra,  termasuk
          Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin           posisi  dan jabatan. Kemudian, tersedianya
          menjelaskan, selama satu tahun ke belakang  Sumber Daya Manusia (SDM) secara kuantitatif
          PAM    Jaya    telah   melaksanakan      proses   (jumlah) dan kualitatif (kompetensi) yang siap
          transisi dan transformasi dengan tata kelola  menjalankan pengoperasian penuh.
          perusahaan yang baik, serta telah dilakukan
          berbagai pendampingan. “Kesiapan PAM Jaya   Intinya         menurut    Arief,  PAM    Jaya    telah
          didasarkan pada persiapan yang matang,” ujar      memastikan kesiapan 5M, yakni kesiapan
          Arief.                                            SDM  (Man),  kesiapan  material  dan alat kerja
                                                            (Material),  kesiapan    sistem   dan    aplikasi
          Arief bersyukur,  transfer knowledge-nya tidak    (Machine), kesiapan operasi, dan pelayanan
          dibarengi adanya pemberhentian hubungan  (Method), dan kesiapan anggaran (Money).
          kerja di kedua mitra. “Kami rekrut, sehingga
          secara  otomatis  transfer     knowledge dan
          orangnya sudah ada,” ujar Arief.                                                            bam/per


                                                                                                      EDISI 01 TAHUN 2023
                                                                                      Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36