Page 9 - EDISI 2 2023
P. 9
LAPORAN UTAMA 9 9
Wali Kota Jakarta Utara ini menyisihkan dua Bagi Heru Budi, jika persoalan kemacetan
kandidat lain, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali teratasi, tidak hanya mobilitas warga lebih
dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum lancer, tapi juga mengurangi dampak yang
Kemendagri Bahtiar. ditimbulkan dari kemacetan lalu lintas, mulai
dari dampak kesehatan, lingkungan, hingga
Jauh hari sebelum dilantik, tepatnya usai sidang kerugian ekonomi.
tim penilai akhir, Heru Budi mengaku sempat
diberi arahan khusus oleh Presiden Joko Widodo Dalam sebuah forum, Kepala Dinas
(Jokowi). “Pak Presiden menitipkan kepada saya Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo
tiga hal, yakni penanganan banjir, tata ruang, pernah mengungkapkan laporan Bank Dunia
dan kemacetan lalu lintas,” ujarnya. (World Bank), bahwa kemacetan di ibu kota
menyebabkan kerugian Rp 38 triliun per tahun.
Bagi Heru Budi, ketiga persoalan yang
diamanatkan oleh Presiden Jokowi merupakan Tak jauh berbeda dengan kemacetan, banjir
masalah yang saling terkait satu dengan pun menjadi persoalan yang perlu penanganan
lainnya. “Permasalahan-permasalahan tersebut serius. Terlebih kerugian yang diakibatkan banjir
juga terkait dengan kehidupan masyarakat. di Jakarta terus meningkat setiap tahun.
Karena itu, hal ini harus menjadi prioritas kami,
demi mengoptimalkan pelayanan kepada Sebuah riset yang dilakukan Nurul Fajar Januriyadi,
masyarakat,” katanya. Dosen Teknik Sipil Universitas Pertamina,
memprediksi risiko kerugian banjir di
Terkait kemacetan, menurut Heru Jakarta akan naik 322% hingga 402%
Budi, ada banyak penyebab. Salah pada 2050. Riset yang dilakukan
satu yang paling dominan adalah pascabanjir Jakarta pada 2020
peningkatan jumlah kendaraan lalu tersebut telah dipublikasikan
bermotor yang tidak sebanding di jurnal Hydrological Research
dengan penambahan ruas jalan. Letters.
Jika melihat data Badan Pusat Terkait penanggulangan banjir,
Statistik (BPS), jumlah kendaraan Heru akan melanjutkan program-
bermotor di Jakarta memang program yang telah dijalankan
terus bertambah setiap tahun sebelumnya. Ia juga berkoordinasi
selama periode 2017-2021. Pada dengan pihak-pihak terkait untuk
2021, jumlah kendaraan di Jakarta mengatasi permasalahan tersebut.
sudah mencapai sekitar 21,75 juta unit atau
tumbuh 7,6 persen dari tahun sebelumnya. Optimis Bisa Atasi Jakarta
Sebenarnya, Jakarta memiliki cetak biru Sejumlah kalangan menilai bahwa gebrakan-
yang mumpuni dalam mengatasi kemacetan gebrakan Pj. Gubernur Heru Budi sudah
lalu lintas yang telah diterapkan sejak era mulai bisa terlihat dalam seratus hari masa
kepemimpinan Gubernur Wiyogo Atmodarminto. kepemimpinannya. Sejumlah aksi nyata dan
Cetak biru tersebut diterjemahkan dengan gerak cepatnya dinilai sejumlah kalangan
program transportasi TransJakarta pada era menjadi indikasi kesiapan Heru Budi dalam
Gubernur Sutiyoso. memimpin Jakarta, hingga Gubernur DKI Jakarta
terpilih kelak pada 2024.
Heru Budi memastikan akan melanjutkan
pembangunan moda transportasi massal “Kami melihat Heru Budi fokus dengan apa yang
TransJakarta dan MRT. “Transportasi terpadu sudah diamanahkan. Pj. Heru sudah bekerja
seperti MRT harus dilanjutkan,” tegasnya. keras mengurangi kemacetan serta melakukan
EDISI 01 TAHUN 2023 EDISI 01 TAHUN 2023
Sarana Informasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta