Page 17 - MEDIAJAYA EDISI 6 TAHUN 2020
P. 17
MEDIA JAYA EDISI | 06 2020
khusus untuk transportasi bus atau Mengenal Tranportasi Publik di Singapura
Singapore Bus Services (SBS). Sistem
layanan tersebut untuk lalu lintas di Mass Rapid Transit ( MRT) Light Rail Transit (LRT) Sentosa Express
dalam kota. Sedangkan untuk lalu lin- MRT Singapura menjangkau LRT memiliki tiga jalur Sentosa Express adalah sebuah
tas antara perumahan dan pusat kota, seluruh tempat utama di sepanjang 28,8 kilometer, jalur monorel yang meng-
Singapura membentuk badan layanan Singapura seperti objek wisata, serta 42 stasiun. hubungkan Pulau Sentosa
lain bernama Trans Island Bus Ser- kawasan bisnis, mal, gedung- dengan daratan utama Singa-
vices (TIBS), pada 1982. Belakangan gedung pemerintahan, hingga Jalur-jalur LRT menghubung- pura. Jalurnya pendek hanya
terdiri dari 4 stasiun.
sarana-sarana pendidikan dan
kan kawasan permukiman
berganti nama menjadi Singapore perpustakaan. Singapura dengan jaringan
Mass Rapid Transportation (SMRT) MRT. Sentosa Express ini seringkali
pada 2001. Tarif MRT Singapura disesaki wisatawan. Hanya
Setelah TIBS dibentuk, Singapu- terbilang terjangkau, terdiri dari 2 gerbong kecil.
berkisar Sin$0,77 hingga
ra mulai membangun Mass Rapid Sin$2,02(Rp7.000-20.000).
Transit (MRT) dan mulai beroperasi Tiket bisa berupa kartu uang
pada 1987. Sejak MRT melayani trans- elektronik maupun tiket satu
portasi Singapura, sistem transpor- kali perjalanan di kios-kios
tiket, serta mesin penjualan
tasi negara tersebut terus mengala- tiket otomatis di setiap stasiun.
mi perbaikan. Puncaknya, pada 2004
Pemerintah Singapura mulai mem-
perkenalkan sistem transportasi ter-
integrasi yang menyatukan seluruh
moda transportasi.
Pandangan Jauh
Perdana Menteri Lee Kuan Yew kepada calon penumpang yang tersebar di seluruh
yang memimpin Singapura di awal wilayah Singapura. Sedangkan untuk LRT cakupan 17
periode kemerdekaan, melihat Sin- layanannya hanya terbatas di wilayah Bukti Pan-
gapura akan memiliki masalah pelik jang, Sengkang, dan Punggol.
di kemudian hari. Masalah tersebut, Selain berbasis rel, Pemerintah Singapura
tidak lain adalah lonjakan penduduk memberikan layanan bus umum. Rutenya menca-
dan pertumbuhan ekonomi. Jika ked- pai 300 lebih dan beroperasi dengan menggunakan
ua masalah tersebut tidak segera dia- Singapura bisa sedikitnya 4.000 armada bus. Layanan bus umum
tasi Singapura akan tumbuh menjadi menjadi contoh beroperasi selama 18 jam setiap hari. Ada juga lay-
negara yang penuh masalah. Terma- yang ideal anan taksi, yang bisa dijumpai dengan mudah di
suk, masalah transportasi yang akan bagi kota-kota hampir seluruh penjuru kota di negara tersebut.
memicu banyak masalah lain dalam di Indonesia Pelayanan transportasi di Singapura dikendal-
kehidupan sosial. yang sedang ikan oleh Land Transport Authority (LTA) yang men-
Berkat visi dari Lee Kuan Yew, Sin- membangun gatur regulasi tarif dan layanan bus di Singapura.
gapura kini berhasil tampil sebagai sistem Di bawah LTA, beroperasi anak usaha bernama
salah satu kota di dunia yang memi- transportasi” Transit Link Pte Ltd yang sudah berdiri sejak 1987.
liki sistem transportasi modern yang Transit Link berperan sangat penting pada sistem
terpadu. Di Asia Tenggara, Singapu- Deddy transportasi di Singapura. Perusahaan ini mencip-
ra tampil sebagai nomor satu dalam Herlambang, takan sistem multi modal yang terintegrasi dengan
soal transportasi publik. Saat ini Sin- Direktur Eksekutif mode tarif pembayaran umum, platform informasi,
gapura memiliki tiga moda transpor- Masyarakat dan jaringan fisik tanpa duplikasi pelayanan.
tasi yang melayani publik. Ketiganya Transportasi Untuk melayani masyarakat, Singapura
adalah sistem transportasi berbasis Indonesia menekankan pada kenyamanan, efisiensi waktu
rel seperti MRT dan Light Rail Transit dan ketepatan, serta keamanan. Dengan pengelo-
(LRT), layanan bus umum dan layan- laan yang baik, terencana, dan efisien, Singapura
an taksi. tak hanya dikenal sebagai salah satu kota terbaik
Meski sama-sama berbasis rel, di dunia untuk pelayanan transportasi publik, tapi
namun pelayanan MRT dan LRT di juga sebagai pemimpin di dunia untuk perenca-
Singapura memiliki perbedaan. Un- naan transportasi multimoda yang terintegrasi.
tuk MRT, pelayanan yang diberikan sam