Page 46 - Edisi 5 Tahun 2020
P. 46
si dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dik memiliki kesempatan dengan gi, jam sekolah bisa ditambah setelah
untuk mencalonkan diri melalui jalur mudah belajar dengan daring, karena kondisi kembali kondusif. “Misalnya
pemerintah. Dengan rekomendasi itu, signal internet bagus, kuota tersedia tahap awal hanya empat jam, sambil
Retno mendapat cuti tanpa tanggun- dan ada fasilitas daring yang diberikan dilihat bagaimana efektifitasnya. Baru
gan selama lima tahun menjabat se- oleh Pemprov DKI Jakarta. “Kemam- kemudian ditambah saat kondisi telah
SOSOK bagai anggota KPAI. puan Jakarta sangat mumpuni ini cu- kembali pulih,” kata dia.
kup membantu proses belajar men-
Di KPAI Retno kini fokus dalam ke-
giatan perlindungan anak, khususnya
Retno.
hak anak dibidang pendidikan. Bagin- gajar berjalan dengan lancar,”kata Belajar Melalui Aplikasi
ya, pendidikan adalah hak dasar yang Meski begitu berdasarkan survei Belakangan banyak kegiatan be-
harus dipenuhi negara dalam keadaan yang dilakukan KPAI, belajar virtual lajar yang menggunakan aplikasi.
apapun. Karena itu dalam kondisi tetap membutuhkan sarana yang me- Salah satunya Ruang Guru, Sekolah-
Pandemi COVID-19 seperti sekarang madai. Anak-anak juga banyak yang ku, atau Rumah Belajar. Aplikasi be-
pendidikan harus tetap berjalan dan tidak punya komputer jinjing, sehing- lajar secara daring ini sangat men-
terlayani dengan baik. ga menjawab soal hanya bisa gunak- guntungkan guru dan anak. Mereka
Menurutnya pendidikan meru- an telepon seluler akhirnya kelelahan bisa dengan mudah mendapat ma-
pakan bidang yang paling terdam- menatap layar telepon. teri pembelajaran dengan audio visu-
pak COVID-19 secara langsung. Keg- Kementerkan Pendidikan dan Ke- al yang mumpuni. Bahkan dipraktek-
iatan belajar mengajar yang selama budayaan (Kemendikbud) menyatakan kan langsung oleh peraga virtual agar
ini mengandalkan konsep tatap muka kondisi ini diprediksi akan berlang- anak mudah memahami.
terpaksa dihentikan. Setelah virus co- sung sampai akhir tahun.Retno ber- Namun sayangnya kondisi ini han-
rona dinyatakan masuk ke Indonesia, harap pemerintah mempunyai solu- ya bisa dinikmati oleh kota-kota besar
otomatis kegiatan belajar mengajar si jangka pendek yang bisa membantu yang memiliki jaringan internet yang
berubah menjadi secara virtual den- anak-anak mendapat haknya. “Kalau sangat bagus seperti Jakarta. Tapi
gan mengandalkan jaringan internet mau diperlancar harus ada subsidi bagi masyarakat pelosok di Indone-
dan gawai. dengan menggratiskan internet agar sia sulit untuk mendapatkan mater-
46 kegiatan belajar mengajar lancar di inya. “Menggunakan platform untuk
Tidak Selamanya Efektif jam belajar,” katanya. Jakarta gak bermasalah, tapi seka-
Subsidi internet ini pun bagi kota rang banyak juga anak-anak yang su-
Hanya saja Retno melihat, keg- besar seperti Jakarta akan sangat lit membeli kuota. Sebab orang tua
iatan belajar mengajar secara virtual berpengaruh. Sebab yang tadinya ma- mendapat pukulan akibat COVID 19,”
tidak selamanya efektif. Sebab guru syarakat kelas menengah sekarang katanya.
tidak bisa banyak memberi penjelas- banyak yang tidak mampu beli internet Dia mengaku pernah mendapat
an tentang materi pembelajaran ke- akibat usaha orang tua murid kolapse masukan dari salah satu orang tua
pada siswa. “Bahkan lebih banyak atau diputus hubungan kerja. “Men- murid, yang anaknya hanya bisa
mereka memberi tugas dan tidak se- subsidi internet sama dengan mer- mengerjakan tugas atau belajar pada
dikit yang hanya melempar tugas me- ingankan beban guru karena proses malam hari. Karena dalam keluarga
lalui pesan singkat,” katanya, kepada mengajar tidak terkendala,”tandas itu hanya memiliki satu telepon pin-
Media Jaya. Retno. tar yang bisa digunakan.”Kalau siang
Menurutnya selama pembelajaran Dia melihat sulit untuk siswa kem- telepon selulernya digunakan oleh
jarak jauh, peserta didik tidak banyak bali melakukan belajar mengajar di orang tua untuk bekerja. Sedangkan
mendapat perhatian. Anak Indone- sekolah, dalam kondisi pandemi CO- malam baru bisa digunakan belajar,”
sia yang jumlahnya mencapai 68 juta VID-19. Kecuali sudah mencapai zero kata dia.
orang harus belajar dari jarak jauh. kasus, itupun tetap menerapkan pro- Menurutnya pembelajaran dar-
Sementara jutaan anak di Indonesia tokol kesehatan untuk meminimalisir ing ini sarat bias kelas. Anak-anak
belum banyak yang bisa mengakses potensi penyebaran penyakit lainnya. dari keluarga mampu dengan kelu-
internet. Contohnya di Papua, seki- Pemprov DKI Jakarta, kata dia, harus arga miskin sangat ketara. Akibatnya
tar 54 persen dari 860 ribu anak tidak sanggup melakukan sterilisasi. “Har- adanya disparitas dan kesenjangan.
bisa akses internet karena tidak ada us menyediakan alat kebersihan, sep- Ia berharap kota dan kabupaten bisa
listrik.”Kalaupun ada telepon seluler, erti cairan cuci tangan, wastafel tiap bekerja sama dengan operator jarin-
tidak ada internet dan tidak kompati- kelas dan menyediakan toilet bersih gan untuk mengisi kebutuhan internet
bel, tidak punya kuota. Kendala signal agar kebersihan dan kesehatan seko- di daerah dan pedalaman. “Pemerin-
tidak tersedia di beberapa daerah,” lah terjamin,”katanya. tah kota dan kabupaten bisa meng-
katanya. Retno menyarankan harus ada gratiskan internet pada saat jam bela-
Sebaliknya di Jakarta, peserta di- percobaan jam sekolah yang dikuran- jar berlangsung,”katanya. ros