Page 61 - media_jaya_04_2014
P. 61
14 gedung, di antaranya Toko dalam negeri maupun luar negeri Menurut Arie, tren kunjungan
Merah dan Gedung BNI yang dengan menggandeng pemangku wisatawan meningkat, baik
akan difungsikan kembali kepentingan pariwisata.
wisatawan mancangera maupun
penggunaannya.
Agar promosi wisata DKI dalam negeri.
Sementara miniatur peradaban Jakarta lebih meluas, Dinas Setiap “pasar” tersebut
budaya Betawi di Situ Babakan Pariwisata dan Budaya menjalin memiliki karakter masing-masing
sudah sejak tahun 2013 lalu kerja sama dengan maskapai atau punya segmen tersendiri.
dilakukan revitalisasi. Pusat penerbangan. “Yang penting adalah Namun secara garis besar wisatawan
kesenian Taman Ismail Marzuki aksesbilitas, karena itu kita bekerja dari Asia senang melakukan
atau yang dikenal dengan TIM juga sama dengan Garuda, Citilink, belanja dan rekreasi. Sementara
akan terus difungsikan sebagai area Sriwijaya, China Airline supaya wisatawan Eropa lebih senang
publik tempat penyelenggaraan lebih menjangkau wisatawan melakukan junjungan ke objek-
kegiatan seni dan budaya.
mancanegara maupun dalam objek wisata sejarah dan budaya,
negeri,” tutur Arie Budiman.
seperti mengunjungi Kota Tua dan
Promosi
Tak lupa pula melakukan museum.
Selain itu stategi berikutnya
promosi objek wisata yang sudah “Secara umum 59% wisatawan
adalah promosi eksternal dengan cukup dikenal seperti Taman melakukan kunjungan bisnis.
menjual paket wisata untuk di
Impian Jaya Ancol, Taman Mini Jadi yang diminati ada wisata
Indonesia Indah (TMII) bahkan konvensi, meeting, eksebisi
Pasar Tanah Abang juga Kidzania atau kegiatan MICE, Misalnya
sebagai tujuan wisata.
Balai Sidang Jakarta, JIExpo
Dalam melakukan promosi Kemayoran tidak pernah berhenti
dikaitkan dengan konsentrasi
dari kegiatan pameran baik skala
pasar utama yang ingin disasar. nasional maupun internasional. Ini
Dari wilayah Asean, a Singapura, adalah salah satu kekuatan utama
Malaysia serta hailand merupakan produk wisata Jakarta,” beber Arie.
kontributor besar wisatawan Catatannya pula, khusus wisatawan
mancangera ke Jakarta. Promosi dari Asia Timur senang bermain
gencar pun dilakukan di negara- golf di Jakarta.
negara tersebut.
Berdasarkan hal itulah
Untuk Asia Timur, Tiongkok, Dinas Pariwisata dan Budaya
Jepang, Taiwan adalah wisatawan DKI Jakarta melakukan upaya-
yang ingin disasar untuk melakukan upaya yang terus menerus untuk
kunjungan ke Jakarta. Sebab
mempromosikan wisata Jakarta.
dalam catatan data Badan Pusat Termasuk adanya format kegiatan
Statik DKI, kunjungan wisatawan untuk promosi dengan fokus bisnis
mancanegara dari negara-negara itu yaitu memfasilitasi mitra bisnis
meningkat dalam beberapa tahun pariwisata. Misalnya memfasilitasi
belakangan. Sementara kawasan temu bisnis bagi para pemangku
Timur Tengah dan pasar tradisional kepentingan pariwisata. “Pertemuan
lainnya Eropa, Belanda, Inggris ini bisa dijadikan (kesempatan)
juga masih berpeluang untuk untuk menyiapkan paket-paket
ditingkatkan.
produk wisata Jakarta,” ujar Arie.
Terkait target kunjungan wisata Promosi pariwisata juga
mancanegara, hingga Juli 2014 dilakukan dengan menggunakan
terdapat peningkatan dibandingkan teknologi informasi yang juga
periode yang sama tahun lalu.
memegang peranan peting. Promosi
Media Jaya l Nomor 04 Tahun 2014
61