Page 61 - media_jaya_04_2014
P. 61








14 gedung, di antaranya Toko dalam negeri maupun luar negeri Menurut Arie, tren kunjungan 

Merah dan Gedung BNI yang dengan menggandeng pemangku wisatawan meningkat, baik 

akan difungsikan kembali kepentingan pariwisata.
wisatawan mancangera maupun 

penggunaannya.
Agar promosi wisata DKI dalam negeri.
Sementara miniatur peradaban Jakarta lebih meluas, Dinas Setiap “pasar” tersebut 

budaya Betawi di Situ Babakan Pariwisata dan Budaya menjalin memiliki karakter masing-masing 

sudah sejak tahun 2013 lalu kerja sama dengan maskapai atau punya segmen tersendiri. 

dilakukan revitalisasi. Pusat penerbangan. “Yang penting adalah Namun secara garis besar wisatawan 

kesenian Taman Ismail Marzuki aksesbilitas, karena itu kita bekerja dari Asia senang melakukan

atau yang dikenal dengan TIM juga sama dengan Garuda, Citilink, belanja dan rekreasi. Sementara 
akan terus difungsikan sebagai area Sriwijaya, China Airline supaya wisatawan Eropa lebih senang 

publik tempat penyelenggaraan lebih menjangkau wisatawan melakukan junjungan ke objek- 

kegiatan seni dan budaya.
mancanegara maupun dalam objek wisata sejarah dan budaya, 

negeri,” tutur Arie Budiman.
seperti mengunjungi Kota Tua dan 
Promosi
Tak lupa pula melakukan museum.

Selain itu stategi berikutnya
promosi objek wisata yang sudah “Secara umum 59% wisatawan 
adalah promosi eksternal dengan cukup dikenal seperti Taman melakukan kunjungan bisnis.

menjual paket wisata untuk di
Impian Jaya Ancol, Taman Mini Jadi yang diminati ada wisata 

Indonesia Indah (TMII) bahkan konvensi, meeting, eksebisi

Pasar Tanah Abang juga Kidzania atau kegiatan MICE, Misalnya 

sebagai tujuan wisata.
Balai Sidang Jakarta, JIExpo 

Dalam melakukan promosi Kemayoran tidak pernah berhenti 
dikaitkan dengan konsentrasi
dari kegiatan pameran baik skala 

pasar utama yang ingin disasar. nasional maupun internasional. Ini 

Dari wilayah Asean, a Singapura, adalah salah satu kekuatan utama 

Malaysia serta hailand merupakan produk wisata Jakarta,” beber Arie. 

kontributor besar wisatawan Catatannya pula, khusus wisatawan 
mancangera ke Jakarta. Promosi dari Asia Timur senang bermain 

gencar pun dilakukan di negara- golf di Jakarta.

negara tersebut.
Berdasarkan hal itulah

Untuk Asia Timur, Tiongkok, Dinas Pariwisata dan Budaya

Jepang, Taiwan adalah wisatawan DKI Jakarta melakukan upaya- 

yang ingin disasar untuk melakukan upaya yang terus menerus untuk 
kunjungan ke Jakarta. Sebab
mempromosikan wisata Jakarta. 

dalam catatan data Badan Pusat Termasuk adanya format kegiatan 

Statik DKI, kunjungan wisatawan untuk promosi dengan fokus bisnis 

mancanegara dari negara-negara itu yaitu memfasilitasi mitra bisnis 

meningkat dalam beberapa tahun pariwisata. Misalnya memfasilitasi 

belakangan. Sementara kawasan temu bisnis bagi para pemangku 
Timur Tengah dan pasar tradisional kepentingan pariwisata. “Pertemuan 

lainnya Eropa, Belanda, Inggris ini bisa dijadikan (kesempatan) 

juga masih berpeluang untuk untuk menyiapkan paket-paket 

ditingkatkan.
produk wisata Jakarta,” ujar Arie.

Terkait target kunjungan wisata Promosi pariwisata juga 

mancanegara, hingga Juli 2014 dilakukan dengan menggunakan 
terdapat peningkatan dibandingkan teknologi informasi yang juga 

periode yang sama tahun lalu.
memegang peranan peting. Promosi


Media Jaya l Nomor 04 Tahun 2014
61



   59   60   61   62   63