Page 8 - Mediajaya Edisi 11 Tahun 2020
P. 8
LAPORAN UTAMA for Sustainable Cities, The World Bank, GIZ, Gubernur Nomor 51 tahun 2020. Salah satu
ICLEI, BRT Center of Excellence, Clean Air
poinnya, memprioritaskan pejalan kaki
dan pengendara sepeda di semua ruas
Asia, CODATU, Despacio, AMEND, dan Asian
jalan ibu kota. Kantor, mal hingga termi-
Development Bank.
sepeda.
Kota terpilih merupakan kota yang dini-
lai mampu menunjukkan perbaikan mo- nal juga diwajibkan menyediakan parkir
bilitas kota dan inovasi sistem transpor- Laboratorium Transportasi Perkotaan
tasi mereka selama 18 bulan ke belakang.
Selain Jakarta, kota besar lain yang per- Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advoka-
nah mendapatkan penghargaan ini an- si dan Kemasyaratakatan MTI Pusat meni-
tara lain, Guanzhou, China, San Francisco, lai, keberhasilan dalam STA 2021, membuat
Amerika Serikat, Kota Meksiko dan sejum- Jakarta laik dijadikan sebagai laborato-
lah kota besar lainnya. Pune India adalah rium transportasi perkotaan di Indonesia.
pemenang penghargaan tahun lalu. Kota-kota lain di Indonesia, kini tidak per-
lu belajar transportasi ke luar negeri. Se-
Senior Communication & Partnership Manag- bab teori transportasi dari manca nega-
er at ITDP Indonesia, Fani Rachmita dalam ra menjadi referensi dan sekarang sudah
keterangan tertulisnya menyebut, kunci menjadi solusi di Jakarta.
kemenangan Jakarta ada pada pengem-
bangan layanan integrasi antar moda Kendati demikian, Jakarta menurut Djoko
transportasi. Jakarta dinilai cukup ambi- juga masih menyimpan sejumlah “Peker-
sius dan berhasil mengintegrasikan sistem jaan Rumah”. Misalnya soal keamanan
Bus Rapid Transit (BRT) dengan layanan dan kenyamanan jalur sepeda yang masih
8 mikrobus (angkot) dan moda transportasi perlu dipastikan. Beberapa terminal pen-
lainnya, baik fisik maupun pembayaran. umpang juga harus dibenahi, seperti Ter-
minal Tanjung Priok, dan Terminal Kam-
Keberhasilan integrasi dibawah skema pung Rambutan.
JakLingko ini, membuat penumpang dapat
menggunakan berbagai moda transpor- Djoko juga berhadap kebijakan jalan ber-
tasi umum dengan satu tarif tetap. Ke- bayar (electronic road pricing atau ERP)
hadiran MRT dan LRT Jakarta memberikan bisa segera diterapkan untuk mengganti
tambahan pilihan moda angkutan umum kebijakan Ganjil Genap yang dinilai masih
bagi warga Jakarta. kurang efektif.
Operasional bus listrik oleh Transjakarta, Termasuk penegakan hukum dengan
revitalisasi stasiun / halte, pengemban- bantuan teknologi informasi (electron-
gan dan penataan kawasan transit ter- ic traffic law enforcement atau ETLE)
padu untuk mengintegrasikan berbagai yang dinilai sangat membantu merin-
moda transportasi, turut menyumbang gankan petugas Kepolisian Lalu Lintas.
keberhasilan Jakarta dalam menata wa- “ Sekaligus lebih transparan dan dapat
jah transportasinya. dipertanggungjawabkan.”kata Djoko yang
juga Ketua Prodi Teknik Sipil Unika Soegi-
Jakarta, menurut Fani juga dinilai melaku- japranata.
kan perubahan besar-besaran pada fasil-
itas pejalan kaki dan dukungan pada Djoko berharap, jika semua proses inte-
transportasi ramah lingkungan seper- grasi sudah berjalan, baik Integrasi fisik,
ti sepeda. Pemprov DKI, telah membangun jadwal perjalanan dan pembayaran, ma-
jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (km) syarakat cukup menggunakan satu tiket
yang akan ditambah hingga 500 km. (one ticket) untuk semua moda transpor-
tasi umum. Pengguna transportasi umum
Pada Juni lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies bisa berlangganan tiket, harian, mingguan
Baswedan, juga mengeluarkan Peraturan atau bulanan. yen/nis